Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan Selama Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Banyaknya pahala di bulan ramadhan tentunya membuat anda mengingikan kelancaran selama beribadah di bulan tersebut. Anda pasti tidak mau tiba-tiba sakit yang mana akan membuat anda tidak nyaman menjalankan ibadah puasa, tidak hanya anda, keluarga dan anak anda pasti juga harus dalam keadaan yang sehat.

Kesehatan anak sering kali mengalami gangguan saat puasa karena mereka masih dalam kategori berlatih menjalankan puasa di bulan ramadhan. Tubuh anak yang sering mengalami gangguan yaitu sistem pencernaannya yang belum bisa menyesuaikan dengan keadaan yang baru bagi mereka. Tapi anda tenang saja, karena ada beberapa tips yang bisa anda lakukan. Berikut tips menjaga kesehatan pencernaan anak selama puasa:

  1. Pastikan makanan sahur keluarga anda mengandung serat

Makanan yang berserat sudah terkenal ampuh menjaga kesehatan pencernaan. Termasuk saat anda melaksanakan ibadah puasa. Contoh makanan berserat yang dapat anda sajikan untuk anak-anak dan keluarga yaitu biji-bijian, sayuran, kacang-kacangan dan buah buahan. Selain menjaga kesehatan pencernaan selama puasa, makanan berserat yang anda konsumsi saat sahur atau berbuka dapat menghindarkan anda dari sembelit, wasir dan radang usus besar.

  1. Kurangi konsumsi makanan berlemak

Gorengan contohnya merupakan makanan berlemak yang paling dianjurkan untuk dikurangi saat berpuasa serta makanan berlemak lainnya. Makanan berlemak yang dikonsumsi berlebihan akan memperlambat proses pencernaan makanan, oleh karena itu tak jarang jika banyak makan makanan berlemak akan membuat anda mengalami sembelit. Jadi kurangi porsi makanan berlemak, namun bukan berarti tidak boleh makan makanan yang berlemak.

  1. Anda perlu makanan probiotik

Kenapa anda perlu makanan probiotik untuk menjaga kesehatan selama puasa? Itu karena makanan probiotik mengandung bakteri baik bagi usus manusia. Sehingga sistem pencernaan anak anda akan terjaga kesehatannya. Sumber makanan probiotik yang paling mudah yaitu yoghurt.

  1. Cukupi kebutuhan cairan

Menjaga asupan makanan saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan pencernaan anak. Anda harus memastikan kebutuhan cairannya juga terpenuhi selama puasa agar tak mengalami masalah pencernaan. Pastikan anak minum 2 gelas air saat sahur, 2 gelas sebelum atau sesudah sahur dan 4 gelas air setelah ibadah tarawih.

  1. Jangan sampai anak merasa stres

Stress tentunya tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, anak bisa saja mengalami stress dalam keadaan tertentu. Agar kesehatan pencernaannya terjaga anda perlu mengurangi sesuatu yang membuat anak meras stress. Seseorang yang dalam keadaan stress bisa membuat radang usus. (DKA)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here