Tips Menjaga Kesehatan Prostat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Gangguan prostat adalah salah satu penyakit yang kerap menjadi momok bagi kaum Adam. Penyakit ini tak terlepas dari apa yang dilakukan oleh penderitanya saat ia masih berusia muda. Sejumlah tips bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan prostat sejak dini.

Prostat merupakan kelenjar kecil yang berada di dekat kandung kemih. Bila tidak dilindungi sejak berusia muda, maka prostat akan memberikan masalah seiring bertambahnya usia, misalnya sering tidak dapat menahan buang air kecil dan terasa sakit saat ingin buang air kecil.

Anda bisa melakukan pencegahan masalah protat dengan mengubah gaya hidup. Berikut adalah berbagai cara menjaga kesehatan prostat:

  • Mengonsumsi makanan sehat

Anda bisa mulai menjaga kesehatan prostat dengan mengonsumsi makanan sehat dan seimbang, seperti buah, sayuran, biji-bijian serta makanan yang kaya protein. Hindari mengonsumsi daging merah dan menggantinya dengan sumber protein lain, seperti ikan. Anda juga bisa mengonsumsi kedelai yang sehat bagi prostat serta tersedia dalam berbagai bentuk, misalnya tahu, susu, tepung, atau kacang kedelai.

  • Olahraga

Penting bagi Anda untuk berolah raga secara teratur dan membuat massa tubuh menjadi seimbang. Tak ada olahraga yang spesifik untuk kesehatan prostat. Yang jelas, banyak dokter mengamati bahwa pria bertubuh bugar jarang mengalami masalah prostat ketimbang mereka yang lebih banyak duduk.

  • Menghindari rokok dan alkohol

Merokok dan mengonsumsi alkohol secara berlebihan bukan hanya berbahaya bagi kesehatan prostat, tetapi juga mampu meningkatkan risiko terkena berbagai jenis kanker lainnya.

  • Kurangi konsumsi gula dan garam

Anda bisa menurunkan asupan garam dalam masakan, memilih makanan rendah sodium serta menghindari makanan kemasan yang diawetkan karena memiliki kandungan sodium yang tinggi. Hindari pula makan terlalu banyak gula, terutama dalam bentuk minuman manis, seperti minuman ringan atau jus kemasan.

  • Minum air putih yang cukup

Anda harus minum air yang cukup sehingga Anda mendapatkan kandung kemih penuh sebelum buang air kecil. Jika Anda tidak melakukannya, maka otot-otot kemih Anda mulai kontraksi pada saat kencing, namun kantung kemih tidak penuh.

  • Pakai celana yang nyaman

Bahan celana dalam yang terlalu panas tidak baik untuk alat vital Anda. Selain itu, memakai celana yang terlalu ketat akan membuat prostat panas dan tertekan. Jika hal ini sering dilakukan, maka kesehatan prostat akan terganggu.

  • Jangan bawa ponsel di saku celana

Kebanyakan pria menyimpan ponsel mereka di saku celana. Kebiasaan ini sangat buruk bagi kesehatan genital. Radiasi dari ponsel dapat memicu kanker prostat.

  • Jangan menahan kencing

Apabila Anda sering ingin buang air kecil, maka segeralah melakukannya. Jangan menundanya demi aktivitas lain. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here