Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Pancaroba

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pernahkah anda mendengar istilah pancaroba? Pancaroba merupakan suatu istilah yang digunakan dalam musim. Musim pancaroba merupakan masa peralihan dua musim di daerah tersebut, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Pada masa peralihan ini biasanya seseorang yang tidak dalam kondisi stabil kesehatannya akan mudah terkena penyakit, mudahnya terkena penyakit dipengaruhi oleh sistem imun. Agar terhindar dari penyakit anda perlu melakukan beberapa tips menjaga kesehatan selama musim pancaroba. Diantaranya sebagai berikut :

  1. Menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan merupakan salah satu upaya untuk menjaga kesehatan selama musim pancaroba, dimana anda harus menjaga kebersihn rumah dan seisinya, mencuci buah dan sayur sebelum akan dikonsumsi. Kondisi yang tidak bersih akan membuat lingkungan disekitar kita menjadi sarang bakteri dan virus, sehingga kita akan beresiko terkena sakit.

  1. Rajin mencuci tangan

Ajak dan ajari keluarga untuk mencuci tangan sebelu dan sesudah makan, setelah bermain. Apalagi pada saat anda dan keluarga berniat untuk makan diluar usahakan memilih tempat makanan yang terjamin kebersihannya serta jangan lupa mencuci tangan pada saat akan menyentuh makanan.

  1. Jaga asupan gizi

Menjaga asupan gizi tidak hanya dilakukan pada saat musim pancaroba, tetapi menjaga asupan nutrisi harus dilakukan setiap hari. Karena makanan akan sangat mempengaruhi kesehatan jasmani dan rohani anda. Tetapi pada musim pancaroba sebaiknya anda harus meningkatkan asupan nutrisi kita seperti karbohidrat, lemak, protein, lemak, dan nutrisi lainnya. Terutama anda harus banyak mengkonsumsi makanan yang berfungsi untuk membantu sistem kekebalan tubuh seperti vitamin C dan vitamin D.

  1. Hindari stres

Stres merupakan salah satu penyebab tubuh menjadi depresi dan menurunkan imunitas. Stress akan mempengaruhi kesehatan jasmani dan rohani anda. Untuk itu di musim ini anda harus meminimalisir terjadinya stress.

  1. Berolahraga

Menurut penelitian menyatakan bahwa orang yang sering melakukan aktivitas olahraga lebih sehat dibandingkan dengan orang yang hanya duduk di depan komputer, TV atau di meja. Berolahraga akan membuat sistem metabolisme menjadi lancar, sehingga zat berbahaya atau racun akan dikeluarkan bersama urine atau tinja. Oleh karena itu, olahraga menjadi salah satu tips untuk menjaga kesehatan selama musim pancaroba.

  1. Istirahat yang cukup

Istirahat atau tidur berfungsi untuk memberikan kesempatan pada tubuh memperbarharui sel tubuh yang rusak dan dapat membuat tubuh yang lelah menjadi segar. Menurut para ahli dianjurkan untuk beristirahat dalam sehari 8 jam.

  1. Selalu berfikir positif

Berfikir positif merupakan salah satu upaya menjaga kesehatan selama musim pancaroba. Pada musim ini anda harus menghindari fikiran negatif yang akan menimbulkan stress. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa penyakit yang menyerang tubuh manusia akibat kondisi stres yang berlebihan. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here