Tips Menjaga Kulit Tetap Sehat saat Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menjaga kesehatan kulit salah satu hal yang perlu dilakukan oleh setiap orang terutama bagi kaum wanita. Hal ini dikarenakan wanita ingin selalu tampil maksimal dan percaya diri disetiap aktivitasnya. Hal tersebut akan dilakukan disetiap saat termasuk pada saat bulan ramadhan.

Pada saat bulan ramadhan tiba tentu sudah menjadi kewajiban seorang muslin untuk melakukan ibadah puasa dalam waktu 1 bulan full. Berikut ini beberapa tips untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan terawat selama menjalankan ibadah puasa, antara lain :

  • Penuhi asupan kebutuhan cairan

Saat puasa tentu anda akan menahan rasa lapar dan haus sehingga selama 12-14 jam anda tidak minum. Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan terawat salah satunya dengan kebutuhan cairan yang cukup.

Agar kebutuhan cairan anda terpenuhi selama bulan puasa anda dapat mengkonsumsi air mineral pada saat buka puasa 2 gelas, sebelum sholat terawah 1 gelas, setelah sholat teraweh 1 gelas, sebelum tidur 1 gelas, pada saat sahur 1-2 gelas dan sebelum imsak 1 gelas. Selain itu anda dapat mencampurkannya dengan potongan lemon, mentimun, jeruk dan daun mint.

  • Mandi dengan air dingin

Mandi menggunakan air dingin salah satu tips untuk menjaga kesehatan kulit selama menjalankan ibadah puasa. Hal ini dikarenakan air dingin dapat menjaga kelembapan kulit.

  • Konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi

Serat salah satu nutrisi untuk menjaga kesehatan sistem metabolisme. Apabila sistem metabolisme anda berjalan dengan lancar maka akan mendukung dan berpengaruh pada kesehatan kulit. Agar kulit tetap sehat selama puasa anda dapat memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur yang memiliki kandungan serat yang banyak.

  • Hindari terlalu banyak mencuci wajah

Terlalu sering mencuci wajah dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Sehingga untuk menjaga kelembapan kulit selama menjalankan puasa anda dapat menghindari kebiasaan mencuci wajah yang terlalu sering.

  • Gunakan tabir surya

Tabir surya salah satu zat yang berfungsi untuk menghindari efek buruk dari sinar ultraviolet yang dihasilkan oleh sinar matahari. Hal ini salah satu untuk menjaga kesehatan kulit.

  • Hindari mandi air panas

Untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan terawat anda harus menghindari kebiasaan mandi air panas. Hal ini dikarenakan air panas dapat mempengaruhi kelembapan kulit dan beresiko kulit mengalami kering dan kusam.

  • Eksfoliasi

Jangan malas untuk melakukan eksfoliasi karena cara ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati penyebab kulit kusam dan menjadikannya menjadi sel kulit yang baru. anda dapat menggunakan bahan alami seperti kopi, madu, dll.

  • Suplemen kulit

Selain melakukan perawatan kulit diluar anda harus memberikan nutrisi pada kulit di dalam dengan memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur. Selain itu anda dapat mengkonsumsi suplemen kulit yang memiliki kandungan vitamin A, C, E dan antioksidan pada waktu berbuka dan sahur. (KMY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here