Tips Menjaga Pola Tidur Tetap Baik Selama Bulan Ramadhan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Selama bulan ramadhan, waktu tidur akan berkurang. Perubahan ini terjadi karena waktu tidur terpotong oleh sahur. Ada yang mengalamai kesulitan untuk mengatur pola tidur, berikut tips menjaga pola tidur anda tetap baik:

  • Matikan gadget

Penggunaan gadget sebelum tidur dapat memengaruhi pelepasan melatonin (hormon yang mengatur siklus tidur). Satu jam sebelum Anda tidur, matikan semua gadget Anda. Hindari untuk mengecek email Anda sebelum tidur agar pikiran Anda tidak terpaku pada isi email tersebut, karena sebenarnya tidak ada yang bisa Anda lakukan di malam hari.

  • Majukan waktu tidur

Jika Anda tidak membiasakan tidur lebih cepat selama bulan puasa, maka jam tidur Anda bisa berkurang rata-rata 40 menit karena terpotong waktu sahur. Menurut penelitian dalam Journal of Sleep Research, ini akan mengurangi durasi tahap tidur pulas atau REM (rapid eye movement) yang bikin Anda mudah lemas dan mengantuk di siang hari. Sebisa mungkin, majukan waktu tidur Anda selama bulan puasa dan jadwalkan di waktu yang sama setiap harinya. Misalnya jika selama bulan puasa Anda rutin melaksanakan shalat Tarawih, usahakan untuk menyegerakan tidur setelahnya dan jangan paksakan begadang.

  • Ciptakan lingkungan tidur yang nyaman

Buat kamar tidur Anda menjadi tempat pelarian yang ideal untuk tidur. Pastikan kamar tidur Anda adalah tempat yang gelap, sejuk dan tenang, jauhkan komputer, ponsel, TV dan perangkat elektronik lainnya dari jangkauan Anda. Pancaran sinar terang dari perangkat elektronik bekerja meniru sifat cahaya alami matahari. Akibatnya, jam biologis tubuh menganggap cahaya ini sebagai sinyal bahwa hari masih pagi dan karena itu produksi melatonin, hormon pemicu ngantuk jadi terganggu.

  • Tidur siang

Tidur siang ini dilakukan bukan ketika kerja, melainkan ketika kamu sedang masuk jam istirahat siang. Seperti diungkap oleh Sleep Foundation cukup waktu 10 sampai 20 menit saja tidur siang, maka akan membantu kembalikan waktu tidur yang memang hilang malahan bisa bugarkan tubuh.

  • Sempatkan tidur setelah sahur

Langsung tidur setelah sahur berdampak negatif bagi tubuh. Tapi tak bisa dipungkiri bahwa tidur yang cukup merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi, layaknya kebutuhan akan udara dan makanan. Untuk menyiasatinya, usahakan untuk bangun sahur tepat waktu. Karena dengan demikian, tubuh Anda masih memiliki cukup waktu luang untuk mencerna makanan seoptimal mungkin demi menghasilkan energi yang Anda butuhkan nanti. Sesudahnya, Anda masih punya waktu sekitar 1-2 jam sebelum siap-siap melanjutkan rutinitas Anda. Pergunakan waktu kosong ini untuk kembali tidur.

  • Rutin olahraga saat puasa

Aktivitas fisik secara teratur dapat meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik, bahkan selama bulan puasa. Tapi hindari berolahraga yang terlalu intens terlalu dekat dengan waktu tidur. Yang paling disarankan, berolahragalah di pagi hari. Jika kondisinya tidak memungkinkan, sebaiknya olahraga dilakukan sekitar empat hingga lima jam sebelum waktu tidur Anda dan berikan waktu sekitar satu jam untuk pemulihan dari aktivitas fisik sebelum waktu tidur. (KKM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here