Tips Menjaga Stamina Tetap Fit Selama Perjalanan Mudik

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri, masyarakat Indonesia memiliki tradisi unik yakni mudik atau pulang ke kampung halaman. Aktivitas mudik yang berbarengan, bisa saja menyebabkan kemacetan diberbagai tempat. Lantas bagaimana menjaga stamina agar tetap fit selama perjalanan mudik?

Disarankan untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh

Tidak dipungkiri jika selama dalam perjalanan, seseorang akan lebih banyak duduk. Meskipun hanya duduk, bukan berarti carian di dalam tubuh tidak hilang. Cuaca yang panas di dalam kendaraan yang mengakibatkan keringat, menjadi faktor terbesar keluarnya cairan dari tubuh.

Oleh karena itu seseorang selama dalam perjalanan mudik, dipastikan untuk mencukupi kebutuhan cairan. Caranya dengan memperbanyak konsumsi air putih atau jus buah ketika sahur dan berbuka puasa. Asupan suplemen juga diperbolehkan, selama memiliki manfaat bagi tubuh.

Selalu membawa bekal makanan dan minuman di tas

Membawa makanan dan minuman ketika perjalanan mudik, sangat penting. Tujuannya untuk berjaga-jaga ketika waktu berbuka atau sahur tiba, apabila sulit mencari makanan di perjalanan. Kondisi ini juga mengantisipasi terjadinya macet yang panjang, sehingga kendaraan yang ditumpangi tidak bisa singgah di rumah makan.

Bekal makanan dan minuman yang bisa dibawa antara lain air mineral, selai kacang, roti gandum, buah-buahan, hingga jus kemasan yang rendah gula. Selain praktis dikonsumsi, makanan dan minuman tersebut cukup bergizi dalam mengembalikan stamina tubuh yang hilang ketika melakukan perjalanan panjang.

Memanfaatkan waktu untuk membersihkan diri ketika istirahat

Jarak perjalanan yang cukup jauh terkadang membuat tubuh menjadi lemas. Agar tubuh tetap segar, seseorang bisa membersihkan diri atau mandi ketika di rest area. Selain mandi, aktivitas yang bisa dilakukan ketika beristirahat adalah membuang air besar atau air kecil. Dengan kondisi tubuh yang bersih, perjalanan mudik menjadi lebih nyaman.

Dianjurkan melakukan aktivitas fisik ketika istirahat

Tidak dipungkiri jika duduk berlama-lama ketika melakukan perjalanan dapat mengakibatkan peredaran darah tidak lancar. Dampak negatif yang bisa muncul adalah mengalami kesemutan, kram, hingga sembelit. Untuk mengatasi hal tersebut, sempatkanlah untuk melakukan aktivitas fisik ringan.

Misalnya saja sembari kendaraan singgah di rumah makan, seseorang bisa melakukan olahraga ringan. Seperti berjalan kaki sejenak, peregangan tangan, menggerakan kepala ke kiri dan kanan, hingga menggerakan pinggang. Tujuannya agar otot-otot tidak menjadi tegang, sekaligus peredaran darah bisa lancar.

Dianjurkan untuk beristirahat yang cukup apabila menggunakan kendaraan pribadi

Bagi seseorang yang menggunakan kendaraan pribadi saat mudik, maka kesehatan tubuh harus benar-benar dijaga. Dianjurkan untuk berhenti dan beristirahat, setelah melakukan perjalanan selama tiga jam. Keluarlah dari mobil atau turunlah dari sepeda motor, untuk memejamkan mata. Memaksakan kondisi tubuh untuk berkendara ketika sedang letih, dapat memberikan dampak negatif bagi keselamatan dalam perjalanan. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here