Tips Menyapih Anak Secara Alami

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Memberikan ASI merupakan suatu hal yang baik dilakukan oleh para ibu, terutama ASI eksklusif. Menurut The American Academy of Pediatric menyatakan bahwa sebaiknya para Ibu memberikan ASI eksklusif sampai usia anak 6 bulan serta MPASI setelah usia anak > 6 bulan hingga berumut 1-2 tahun.

Hal ini dikarenakan pada usia tersebut merupakan periode emas bagi pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Akan tetapi apabila anak sudah berusia 2 tahun bahkan lebih dari 2 tahun sebaiknya anak tidak diberikan ASI kembali, tentu hal ini menjadi sebuah tantangan bagi para ibu untuk menyapih anak. Berikut ini beberapa tips untuk menyapih anak secara alami, antara lain :

  1. Kesiapan seorang Ibu

Cara pertama saat menyapih anak yaitu niat dan kesiapan yang ada dalam diri anda. Hal ini dikarenakan dapat mempengaruhi adanya rasa ketidakrelaan anda melihat si kecil pada saat rewel minta menyusu sehingga anda akan mudah memberikan ASI kembali. Ibu yang belum memiliki kesiapan menyapih maka anak juga akan merasa belum siap untuk disapih.

  1. Komunikasi sedini mungkin

Meskipum anak belum terlalu memahami akan tetapi anda perlu memberikan komunikasi dan pemahaman secara pelan-pelan  pada si kecil saat usia 18 bulan bahwa dirinya harus berhenti ASI pada saat usia 2 tahun (24bulan).

  1. Jangan terburu-buru

Jangan terburu-buru untuk menyapih anak anda dalam usia yang masih kecil setidaknya tunggu sampai anak berusia 2 tahun. lakukan secara perlahan-lahan dan terus mencoba agar anak terbiasa.

  1. Pilihlah pengganti yang tepat

Jika anak sudah terbiasa menyusu melalui payudara maka untuk menyapih anak anda harus menentukan pilihan yang tepat untuk menggantinya dengan botol susu atau sippy cup atau gelas biasa dengan menggunakan sedotan.

  1. Menyapih di siang hari

Kebiasaan menyusu di pagi dan malam hari dilakukan untuk kenyamanan si kecil sehingga anda dapat memanfaatkan waktu disiang hari sebagai waktu yang tepat untuk menyapih. Lakukan secara perlahan dengan tidak memberikan ASI di siang hari dan tetap memberikan ASI pada malam hari.

  1. Buat anak kenyang

Jika anak merasa lapar maka anak akan selalu teringat untuk menyusu, sehingga anda harus membuat anak terus merasa kenyang agar usaha anda untuk menyapih berhasil.

  1. Rutin hipnoterapi

Terapkan metode hipnoterapi dengan menggunakan suara yang tenang, singkat, kata-kata positif, suara lambat, dalam agar bisa masuk kedalam memori anak hingga ke alam bawah sadarnya. Lakukan metode ini pada saat anak akan tidur dan masih sadar namun belum bener-bener tertidur.

  1. Libatkan suami

Libatkan suami untuk memberikan dukungan pada ibu agar ibu akan merasa semangat. Selain itu suami juga memiliki peran seorang ayah dimana dapat membantu istri untuk mengalihkan si kecil pada saat ingin menyusu.

  1. Tunjukan kasih sayang yang lebih pada anak. (KMY)

Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here