Tips Menyimpan Bekal Makanan untuk Dibawa ke Sekolah

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Maraknya jajanan yang mengandung narkoba atau zat berbahaya, membuat orangtua khawatir akan kesehatan putra-putrinya. Berbagai cara pun dilakukan orangtua, salah satunya dengan memberikan bekal makanan untuk dibawa ke sekolah. Lantas bagaimana cara menyimpan bekal makanan yang menarik?

  1. Bekal makanan perlu dibuat berbagai kreasi. Hendaknya bekal makanan yang akan dibawa anak ke sekolah, perlu dikreasikan dalam berbagai bentuk yang menarik. Bekal makanan juga harus memiliki cita rasa yang lezat. Caranya bisa dengan menyajikan bekal makanan yang terbuat dari berbagai bahan menarik, namun tetap memiliki gizi dan nutrisi yang tinggi.
  2. Bekal makanan harus aman dan tidak merepotkan anak. Alangkah baiknya jika bekal makanan dikemas dalam satu wadah, sehingga anak tidak repot ketika membawanya. Bekal juga harus dilengkapi dengan peralatan yang aman, tidak mengandung bahan kimia berbahaya, serta tidak mudah pecah.
  3. Bekal makanan harus higienis dan sehat. Orangtua harus menyajikan makanan yang dibawa ke sekolah dalam keadaan higienis. Bekal bisa dibuat dalam wujud one dish meal atau hidangan sepinggan. Tujuannya agar dalam satu hidangan, memiliki kandungan gizi yang telah lengkap. Hindari penambahan bekal makanan yang mengandung zat berbahaya, karena dapat mengancam kesehatan anak.
  4. Bekal agar menarik boleh ditambahkan cerita. Agar lebih menarik berikan sedikit keterangan di bagian luar tempat makan, yang menceritakan manfaat makanan yang dibawa anak. Tujuannya agar anak semakin termotivasi, sekaligus memberikan informasi yang penting terkait kesehatan kuliner. Manfaat lainnya akan membuat anak lebih menikmati hidangan, karena terpengaruh cerita dibalik pembuatannya.
  5. Bekal makanan perlu dibuat menu yang terjadwal. Orangtua bisa membuat jadwal jenis menu makanan yang hendak dibawa ke sekolah. Agar lebih menarik, alangkah baiknya jika setiap hari bervariasi. Tujuannya agar anak tidak merasa bosan atau hanya menyenangi satu jenis masakan tertentu.
  6. Bekal makanan perlu persiapan yang maksimal. Mempersiapkan bekal untuk dibawa ke sekolah, membutuhkan proses yang tidak sebentar. Bahan makanan seharusnya sudah ada pada malam hari, untuk kemudian diolah di pagi hari.

Manfaat membawa bekal sendiri ke sekolah

  1. Bisa terhindar dari penyakit. Anak yang membawa bekal sendiri, bisa terhindar dari kemungkinan serangan penyakit dari luar. Pasalnya jajanan yang tersaji di luar, tidak dapat diketahui bagaimana cara pembuatannya.
  2. Pasti sesuai selera. Orangtua dapat mengetahui makanan apa yang disukai anak. Bekal yang dibawa juga dapat diatur seberapa banyak komposisi nasi, lauk, sayur, buah, dan minumannya.
  3. Terbuat dari bahan yang sehat. Orangtua dan anak dapat memilih sendiri bahan makanan yang akan dibuat. Alhasil tidak perlu kuatir dengan makanan yang akan dimakan.
  4. Dapat menghemat. Ketika bel istirahat datang, anak bisa langsung menyantap bekal makanan yang dibawa. Itu artinya membawa bekal makanan sendiri dapat menghemat waktu, uang dan tenaga. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here