Tips Menyimpan Obat dengan Benar

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Terserang penyakit adalah kejadian yang terjadi tiba-tiba tanpa bisa ditebak. Menyimpan berbagai jenis obat di kotak P3K adalah hal yang harus dilakukan oleh semua orang. Hal ini dilakukan untuk memberikan pertolongan pertama pada anggota keluarga jika terserang penyakit atau mengalami benturan hingga menyebabkan luka. Persediaan obat juga berguna agar Anda tidak perlu kerepotan harus membeli obat dalam keadaan darurat. Terlebih jika Anda hanya tinggal sendiri di rumah, tentu akan sangat kerepotan jika harus ke apotek untuk membeli obat dalam keadaan sakit.

Sayangnya, banyak orang yang belum megetahui bagaimana cara menyimpan obat dengan benar, agar obat tidak rusak.

Apakah Anda sendiri sudah mengetahui cara menyimpan obat dengan benar? Jika belum, yuk simak tips berikut ini, berikut beberapa tips menyimpan obat dengan benar:

  • Menyimpan obat tetap dalam kemasan asli. Hal ini dilakukan untuk menjaga sterilnya obat dalam kemasan asli tersebut.
  • Tempat penyimpanan obat harus terhindar dari papaan sinar matahari secara langsung.
  • Tempat penyimpanan obat tidak boleh panas atau lembab. Kedua kondisi ini akan membuat obat cepat rusak. Tempat yang harus dihindari adalah mobil dan dekat kamar mandi. Mobil memiliki suhu yang panas, sementara dekat kamar mandi adalah temat yang lembab.
  • Obat harus disimpan dalam suhu kamar.
  • Tidak menyimpan obat cair (sirup) dalam lemari es, kecuali jika dianjurkan dalam anjuran yang tertera di kemasan obat atau brosur dalam kotak obat tersebut.
  • Menyediakan tempat berbeda yang diperuntukkan untuk membedakan jenis obat. Menyimpan obat sesuai dengan jenisnya akan membuat kita mudah saat mencari obat yang kita butuhkan.
  • Periksa secara rutin tanggal kadaluarsa. Jangan sampai Anda menyimpan obat yang telah memasuki masa kadaluarsa.
  • Memeriksa keadaan obat secara rutin. Hal ini mengindari And menyimpan obat yang telah rusak. Pemerksaan ini juga berguna untuk mengetahui persediaan obat yang tersedia di rumah.
  • Tidak menyimpan obat dari sisa obat yang di dapat dari resep dokter. Obat-obatan yang di dapat dari resep dokter ada baiknya di buang untuk menghindari penyalahgunaan dalam penggunaannya. Saat ingin membuang obat, ada baiknya obat tersebut dihancurkan untuk menghindarkan dari pihak tidak bertanggug jawab yang menyalahgunakan obat sisa tersebut.
  • Langsung membuang obat yang telah tidak bisa digunakan.
  • Menjauhkan obat-obatan dan tempat penyimpanan dari jangkauan anak-anak.

Setelah mengetahui tips menyimpan obat di atas, Anda akan lebih tenang, karena telah memiliki persediaan obat dan tidak perlu cemas. (IKS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here