Tips Merawat Bekas Jahitan Pasca Kelahiran Normal

0
5
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Proses kelahiran seperti yang telah kita ketahui adalah melalui dua cara yaitu normal dan Caesar. Banyak ibu yang menginginkan untuk melahirkan secara normal karena beberapa hal di antaranya proses pemulihan yang lebih cepat setelah operasi. Namun beberapa ibu harus melahirkan secara Caesar karena beberapa pertimbangan, di antaranya masalah kesehatan.

Bagi seorang ibu yang melahirkan secara normal, bayi akan keluar melalui vagina. Hal tersebut menimbulkan risiko yaitu robekan di vagina sebagai jalan lahir. Terutama bagi wanita yang baru melahirkan anak pertama, karena masih kaku, banyak di antaranya yang harus dilakukan episiotomi atau ‘dirobek’ vagina sebagai jalan lahir, namun bukan berarti di semua kelahiran dilakukan episotomi.

Seorang ibu yang harus melalui tahapan episiotomi tak perlu khawatir. Namun, Anda perlu merawat jahitan pasca melahirkan agar luka tersebut tidak infeksi dan cepat kering serta meminimalisir bekas luka jahitan. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk merawat luka bekas jahitan pasca melahirkan:

  1. Kurangi aktifitas yang berlebihan

Apabila sebelum melahirkan ibu disarankan untuk banyak beraktifitas agar mempermudah proses persalinan, namun pasca melahirkan apalagi setelah melalui tahapan episiotomy, ibu disarankan untuk banyak beristirahat dan tidak melakukan aktifitas berlebihan.

Hal tersebut bukan berarti ibu sama sekali tidak diperbolehkan untuk bergerak. Ibu masih tetap bisa berjalan, duduk dan mengurus bayinya namun imbangi dengan istirahat yang cukup untuk mempercepat jahitan cepat kering.

  1. Konsumsi makanan berserat

Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat sangat dianjurkan bagi ibu untuk melancarkan buang air besar. Hal tersebut untuk menghindari ibu mengejan yang menyebabkan luka jahitan semakin lama pulih.

  1. Konsumsi makanan bervitamin

Ibu disarankan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin B kompleks dan C yang cukup untuk dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak gampang sakit. Diharapkan untuk luka jahitan tidak mengalami infeksi.

  1. Menjaga kebersihan area V

Menjaga kebersihan di sekitar area V terutama di bagian luka jahitan akan membuat luka jahitan tersebut terhindar dari infeksi. Basuh dan bersihkan area V setelah buang air besar dan kecil, setelah itu keringkan luka bekas jahitan tersebut dengan menggunakan tisu.

  1. Hindari mengangkat beban berat

Pasca melahirkan, sebaiknya ibu menghindari untuk mengangkat beban berat. Hal tersebut agar tidak terjadi ketegangan pada jahitan yang menyebabkan luka tersebut akan semakin lama sembuh.

  1. Menggunakan jus lemon, madu atau minyak zaitun

Sebagai tambahan, Anda dapat menggunakan jus lemon, madu atau minyak zaitun untuk membantu menghilangkan bekas jahitan. Namun, hal ini dilakukan saat luka bekas jahitan sudah benar- benar mongering, jadi hanya untuk menghilangkan bekasnya saja. Caranya adalah mengoleskan salah satu dari jus lemon, madu atau minyak zaitun ke bekas jahitan, diamkan 10 menit dan bilas dengan air mengalir.

Demikianlah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk merawat luka bekas jahitan pasca melahirkan normal. Dengan merawat jahitan tersebut, diharapkan agar bekas jahitan segera sembuh.(AYK)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY