Tips Merawat Gigi yang Memakai Behel

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Gigi merupakan salah satu bagian anggota tubuh dari mulut yang dapat di lihat nilai estetikanya. Sehingga banyak orang yang menjaga dan melakukan perawatan pada gigi khususnya bagi para wanita. Salah satu jenis perawatan yang sering dilakukan yaitu kawat gigi atau behel.

Behel merupakan alat yang berfungsi untuk merestorasi gigi yang tidak rata, maju atau berjarak agar memiliki bentuk ideal sehingga dapat terlihat rapi dan cantik. Hal ini ada karena tidak setiap orang yang terlahir dengan gigi yang ideal. Sehingga para ahli kesehatan memiliki solusi dan saran untuk mengatasi hal tersebut dengan memakai behel. Berikut ulasan cara merawat gigi yang berbehel :

  1. Menyikat gigi secara teratur

Para ahli kesehatan menyatakan bahwa menyikat gigi dianjurkan dua kali sehari pada pagi dan malam hari. Hal ini sama halnya dengan orang yang memakai kawat gigit. Cara menggosok gigi berbehel dilakukan dengan secara perlahan dan hati-hati. Di usahakan anda menggunakan pasta gigi yang memiliki kandungan flouride dan lebih baik menggosok gigi setelah makan.

  1. Hindari makanan bertekstur keras

Makanan yang memiliki tekstur kenyal dan keras lebih baik anda hindari karena makanan tersebut akan sulit untuk dihancurkan oleh gigi dan makanan tersebut dapat mengakibatkan kawat gigi atau behel terlepas, bergeser atau malah merusak gusi anda. Contoh makanan tersebut yaitu jagung, tulang, daging, dll.

  1. Hindari minuman bersoda

Menggunakan behel atau kawat gigi sebaiknya menghindari minuman yang memiliki kandungan soda agar gigi tetap sehat. Hal ini dikarenakan minuman tersebut dapat menimbulkan plak pada gigi dan beresiko terjadinya kerusakan.

  1. Berkumur

Setelah menggosok gigi alangkah baiknya anda berkumur menggunakan obat kumur. Hal ini penting dilakukan untuk melindungi gigi berkawat dari pertumbuhan kuman dan bakteri yang dapat mengakibatkan bau mulut. Selaian itu penggunaan obat kumur dapat anda lakukan dengan menggunakan garam sebagai bahan alami untuk berkumur dan berfungsi sebagai pereda nyeri yang ditimbulkan oleh kawat gigi

  1. Bersihkan dengan menggunakan benang gigi

Salah satu merawat dan menjaga gigi berbehel anda dapat membersihkannya dengan benang gigi. Benang tersebut berfungsi untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di sela gigi. Alat ini disebut dengan dental floss. Tindakan ini penting dilakukan karena gigi berbehel rentan terserang plak gigi.

  1. Rutin periksa ke dokter

Berkonsultasi dan memeriksakan diri ke dokter salah satu upaya yang wajib anda lakukan jika menggunakan kawat gigi. Sebaiknya lakukan pemeriksaan sebanyak 1 kali sebulan dan maksimal 6 bulan sekali.

  1. Memakai retainer

Perawatan pada gigi berbehel harus tetap anda lakukan pada saat setelah kawat atau behel dilepas. Anda harus tetap melakukan perawatan selama 1 hingga 2 tahun setelah kawat gigi dilepas. Pada umumnya dokter akan menyarankan anda menggunakan alat yang disebut dengan retainer yang memiliki fungsi sebagai alat untuk menjaga gigi agar tidak kembali pada kondisi sebelum gigi dipasangi behel.

  1. Lain-lain

Apabila anda mengalami kerusakan, kawat mengendur, dan jalur kawat yang berada di tempatnya menimbulkan ketidaknyamanan maka anda harus melakukan hal-hal berikut ini :

  • Gunakan sedikit lilin ortodontis apabila karet dan kawat gigi lepas sehingga kawat gigi akan menempel untuk sementara waktu.
  • Jika mengalami kerusakan pada kawat gunakanlah ujung pensil yang memiliki penghapus untuk menggerakan kawat yang mencuat. (KMY)

Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here