Tips Merawat Tali Pusat Bayi Baru Lahir

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pada saat bayi lahir bagi seorang ibu tentunya akan banyak hal baru yang harus dipelajari. Mulai dari cara perawatan payudara, cara menyusui yang benar, ASI eklusif, cara perawatan bayi baru lahir dan yang tidak kalah penting yaitu perawatan tali pusat. Tali pusat bayi akan lepas dengan sendirinya dalam waktu sekitar 7 hari. Namun tidak menutup kemungkinan lepasnya tali pusat akan lebih lama sekitar 10 sampai 14 hari. Bunda tidak usah repot-repot untuk memaksakan melepas tali pusat karena tindakan tersebut akan menyebabkan perdarahan dan adanya resiko terkena infeksi. Untuk itu sebaiknya hal tersebut tidak perlu dilakukan.

Bagaimana Cara yang Tepat Merawat Tali Pusat Bayi Baru Lahir?

  1. Jaga tali pusat agar tetap bersih

Tali pusat harus dalam keadaan bersih sehingga bunda perlu membersihkan tali pusat pada saat bunda mengganti popok. Perlu bunda perhatikan sebelum memegang tali pusat pastikan tangan bunda dalam keadaan bersih agar tidak terjadi infeksi pada tali pusat. Sebaiknya sebelum menyentuh tali pusat bunda mencuci tangan terlebih dahulu menggunakan antiseptik baik menggunakan handwash dalam air mengalir ataupun handascrube.

  1. Usahakan tali pusat dalam keadaan kering

Tali pusat bayi yang lembab akan memudahkan tumbuhnya mikroba. Selain itu tali pusat yang lembab akan membuat tali pusat lepas menjadi lebih lama dan tentunya perawatannya pun akan lebih lama juga. sebaiknya apabila menggunakan popok pada bayi di usahakan agar popok tidak menutupi tali pusat dan gunakan popok sekali pakai dengan berbahan tipis. Sehingga sirkulasi udara dibagian tali pusat dapat terjaga dengan baik dan tali pusat akan mengering dengan cepat.

  1. Jangan menarik tali pusat secara paksa

Tali pusat akan lepas dengan sendirinya. Meskipun panjang tali pusat tinggal seutas benang biarkan saja jangan sekali-kali bunda berani menarik tali pusat tersebut dengan sengaja. Karena apabila tali pusat lepas sebelum waktunya dan secara paksa akan menyebabkan pendarahan dibagian tersebut secara terus-menerus. Dan tentunya bayi bunda akan menjadi rewel dan menangis terus menerus karena kesakitan. Dengan terjadinya perdarahan secara terus menerus tentunya hal ini akan membahayakan bayi hingga menimbulkan kematian.

Bagaimana Cara Membersihkan Tali Pusat?

  1. Lepaskan kasa yang menempel pada tali pusat
  2. Bersihkan tali pusat dengan menggunakan sabun usapkan secara perlahan dan basuh menggunakan air hingga bersih
  3. Keringkan tali pusat sampai bener-bener kering dan tidak lembab. Apabila lembab akan beresiko terkena infeksi
  4. Balut tali pusat menggunakan kasa steril sebelumnya tanpa membubuhi betadine, alkoho, ripanol, salep atau obat lainnya. menurut hasil penelitian terbaru apabila menggunakan bahan tersebut akan menjadikan tali pusat lembab dan lama untuk mengering.

Angka kematian ibu dan anak merupakan program emas dari pemerintah agar persentasinya menurun. Salah satu penyebab kematian bayi selain BBLR di akibatkan oleh infeksi. Salah satu jenis infeksi pada bayi baru lahir yaitu infeksi pada tali pusat yang ditandai dengan tali pusat kemerahan, keluar cairan nanah yang berbau atau keluar darah secara terus menerus, bekak, bayi menjadi demam dan biasanya bayi akan rewel. Sebaiknya bunda memang harus telaten dan rajin-rajin untuk membersihkan dan merawat tali pusat. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here