Tips Merencanakan Masa Depan Bagi Remaja yang Akan Lulus SMA

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Masa remaja merupakan masa dimana setiap remaja tersebut berada dalam kondisi yang labil. Pada masa ini tentunya anak ingin selalu mencari jati dirinya dan lebih sering mengikuti egonya yang selalu ingin mencoba-coba tanpa berfikir keuntungan dan kelebihan dari setiap tindakan yang dilakukannya. Sebagai orangtua sudah menjadi tugas dan kewajiban untuk selalu memberikan arahan dan bimbingan untuk tindakan yang akan di pilih, salah satunya membantu anaknya dalam merencanakan langkah yang akan di pilih setelah lulus dari bangku SMA.

Bagaimana cara merencanakan masa depan bagi remaja yang akan lulus sma?

  1. Kuliah

Kuliah merupakan pilihan utama sebagian remaja yang lulus dari bangku SMA. Tetapi pada kenyataannya tidak semua remaja setelah lulus dari SMA bisa melanjutkan ke jenjang perkuliahan, banyak faktor yang mempengaruhinya. Apabila anda sudah mantap untuk melanjutkan ke jenjang perkuliahan ada beberapa hal yang harus anda lakukan diantaranya:

  • Tentukan jurusan yang akan anda pilih, sebaiknya sebelum menentukannya anda harus mengukur kemampuan yang anda miliki agar tidak salah memilih jurusan.
  • Tentukan tempat yang akan anda pilih. Anda harus menentukan jenis sekolah yang akan anda pilih, contohnya anda harus memilih kuliah di universitas atau di perguruan tinggi, anda harus menentukan kampus swasta atau negri, daerah mana yang akan anda pilih. Hal tersebut harus anda tentukan dan sesuaikan dengan kondisi kehidupan anda dan pilihlah yang menjadi terbaik untuk kedepannya.
  • Anda harus memilih jalur diploma atau sarjana
  • Ukur kemampuan finasial anda. Hal ini tentunya harus anda diskusikan dengan orangtua, apakah anda akan memilih pendaftaran beasiswa, uang orangtua ataukah mengunakan biaya sendiri. Karena jangan sampai anda berhenti kuliah setengah jalan hanya karena biaya.
  1. Bekerja

Tidak semua remaja setelah lulus SMA bisa melanjutkan kuliah mungkin karena faktor biaya atau karna faktor lainnya. Apabila anda setelah lulus SMA ingin bekerja anda harus menentukan pekerjaan yang akan anda pilih sesuai dengan kondisi anda. Anda juga harus memiliki planing 5 tahun kedepan mengenai pekerjaan anda. Selain itu anda harus bisa meningkatkan skill anda agar tetap bisa bersaing dengan oranglain.

  1. Berwirausaha

Tidak sedikit kabar seorang pembisnis yang sukses meskipun dia hanya lulusan SMA. Apabila anda ingin sukses berbisnis anda harus mengembangkan ide-ide mengenai wirausaha dan mengubah bisnis anda menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan. Sikap yang harus anda miliki untuk berbisnis diantaranya keberanian, keberanian anda untuk bersaing di pasaran dan keberanian untuk bangkit kembali lagi disaat anda mengalami kegagalan. Selain itu anda harus menjadi pribadi yang inovatif, kreatif, sabar, terus berusaha agar usaha anda semakin berkembang.

  1. Kursus

Kursus merupakan pilihan yang baik bagi remaja yang telah lulus dari SMA. Apabila remaja tersebut memilih untuk kuliah, bekerja, ataupun menikah remaja tersebut masih bisa melakukan pelatihan atau kursus. Kursus bermanfaat untuk menambah wawasan dan meningkatkan skill anda untuk dijadikan modal dalam berwirausaha atau kerja mandiri. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here