Tips Mudah Menghentikan Hobi Minum Minuman Bersoda

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sekarang ini, tidak sedikit orang yang menyukai minuman bersoda untuk melengkapi kegiatan sehari-hari dan tanpa disadari minuman bersoda membuat kecanduan mereka yang menikmatinya. Kita sudah tahu bahwa minuman bersoda bukanlah pilihan yang baik untuk kesehatan. Sudah banyak penelitian dan pembahasan yang mengatakan efek negatif minuman bersoda bagi tubuh dan kesehatan. Namun ternyata, kecanduan minuman bersoda sangat sulit untuk dihindari. Ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa mereka yang mengonsumsi minuman soda dapat mengalami kerusakan dan penurunan fungsi organ ginjal. Minuman bersoda juga menjadi penyebab obesitas dan peningkatan kadar gula dalam darah dan dapat berakhir dengan diabetes. Selain itu, minuman bersoda juga tidak baik untuk tulang dan gigi, mengandung bahan-bahan berbahaya, menyebabkan penyakit jantung, memicu depresi dan masalah reproduksi.

Walaupun memiliki ciri khas yang memberikan kenikmatan tersendiri, nyatanya minuman bersoda memiliki efek negatif yang sangat merugikan kesehatan, sehingga sebaiknya bagi Anda yang terbiasa dan hobi mengonsumsi minuman ini, perlahan-lahan untuk menguranginya. Untuk dapat melakukan hal ini, ada beberapa tips untuk langkah menghentikan hobi minum minuman bersoda.

  1. Mulai berusaha menjauhi

Niat adalah awal yang harus dimiliki oleh Anda yang ingin mengurangi dan berhenti minum minuman bersoda. Tanpa niat semua usaha tidak akan berjalan dengan maksimal dan ketergantungan Anda akan minuman bersoda menjadi tidak mudah hilang.

  1. Minum air putih

Ambillah segelas air kapanpun keinginan minum minuman bersoda datang. Selain membantu untuk merasa kenyang, air juga sehat untuk diminum. Air yang diminum juga tidak harus tawar, Anda bisa menambahkan potongan buah segar seperti strawberry atau kiwi ke adalam air putih yang sudah didinginkan.

  1. Beritahukan kepada orang terdekat

Orang terdekat dapat berarti keluarga atau teman dekat yang dapat membantu Anda untuk melakukan usaha ini. Dengan niat dan dukungan yang maksimal tentu akan lebih memudahkan Anda dalam melakukan usaha menjauhi hal yang buruk bagi kesehatan ini.

  1. Cari kegiatan positif

Isilah waktu luang Anda dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat. Waktu yang kosong berpotensi untuk menggoda Anda kembali mengonsumsi minuman soda. Berolahraga bisa menjadi opsi bagi Anda melakukan kegiatan positif.

  1. Cari minuman berkafein sebagai pengganti

Misalnya adalah teh hijau. Teh hijau juga mengandung kafein seperti kebanyakan minuman bersoda tapi jauh lebih sehat. Beberapa studi menunjukkan, teh hijau bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, menstabilkan kadar gula darah dan membantu mencegah beberapa jenis kanker. Meski teh hijau mengandung kafein, namun teh jenis ini jauh lebih sehat ketimbang Anda meminum minuman bersoda. (SFK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here