Tips Mudik Sehat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bulan ramadhan merupakan jembatan menuju hari kemenangan umat muslim yaitu hari raya Idul Fitri setelah sebulan penuh berpuasa. Jika membahas mengenai Idul Fitri identik dengan istilah mudik. Orang biasanya berbondong-bondong pulang ke kampung halaman untuk berkumpul bersama sanak saudara sebelum hari raya tiba.

Cara orang melakukan mudik pun berbeda-beda ada yang menggunakan mobil pribadi, transportasi umum atau bahkan mengendarai kendaraan bermotor roda dua. Dalam perjalanan mudik menuju kampung halaman resiko tubuh jatuh sakit lebih tinggi. Hal ini dipicu oleh berbagai hal, mulai dari kemacetan yang menimbulkan polusi udara, kondisi cuaca yang tidak bersahabat, gangguan pencernaan dan lain sebagainya.

Jika Anda termasuk orang yang sering melakukan mudik di hari lebaran, sebaiknya tetap menjaga kesehatan tubuh agar perjalanan Anda lancar, nyaman dan pastinya Anda tidak akan kehilangan momen kebersamaan bersama keluarga karena sakit. Anda dapat ikuti beberapa tips dibawah ini agar Anda terhindar dari menurunnya tingkat kesehatan Anda:

  • Istirahat cukup. Tidur dengan durasi enam sampai tujuh jam sebelum melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman harus Anda lakukan terlebih jika Anda mudik menggunakan kendaraan pribadi dan menyetir. Istirahat yang cukup akan menjaga konsentrasi Anda dalam mengemudi, jika Anda merasa lelah atau mengantuk selama perjalanan sebaiknya segera beristirahat di rest area terdekat. Ini perlu Anda lakukan demi menjaga tubuh agar tetap prima dan menghindari resiko paling buruk yaitu kecelakaan dalam perjalanan.
  • Konsumsi Air Putih. Konsumsi air putih memang selalu memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi alkohol selama Anda melakukan perjalanan atau Anda akan mengetahui akibat buruknya.
  • Usahakan perut tidak kosong. Makanlah sebelum melakukan perjalanan mudik, konsumsi makanan bergizi yang kaya akan serat dan vitamin akan memberikan banyak tenaga selama perjalanan. Perut dengan keadaan terisi juga menghindarkan Anda dari masuk angin dan mabuk selama perjalanan.
  • Siapkan bekal tahan lama dan hangat. Anda perlu membawa bekal untuk cadangan makanan selama perjalanan. Bukan tidak mungkin Anda akan berada dalam kondisi susah membeli makanan jika dalam keadaan macet, terlebih jika macet saat berada dalam tol.
    Bawa bekal berkarbohidrat dan protein tinggi agar Anda tidak mudah lapar. Membawa minuman hangat seperti teh manis juga membantu memulihkan energi Anda yang kelelahan selama perjalanan.
  • Suplemen. Jika diperlukan tidak ada salahnya Anda mengkonsumsi suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh.
  • Gunakan pakaian longgar. Hindari memakai pakaian yang ketat atau yang membuat Anda tidak nyaman. Pakaian ketat dapat menghambat sirkulasi darah Anda apalagi selama perjalanan ruang gerak Anda terbatas. Anda bisa lakukan peregangan otot secara berkala agar terhindar dari kram.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY