Tips Ngemil yang Tidak Membuat Tubuh Menjadi Gemuk

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Banyak wanita menahan rasa ingin ngemil karena takut gemuk. Padahal banyak tips makanan atau pun cara yang dapat ditempuh oleh seorang wanita untuk tetap kurus walaupun suka ngemil.

Apa Saja Cara Agar Hobi Ngemil Tidak Menjadikan Gemuk?

  • Makanlah Cemilan Sehat

Makanan cemilan yang bisa dimakan tanpa membuat gemuk, jika Anda pecinta daging ialah dengan memilih makanan yang terbuat dari daging dari unggas (tanpa kulit), ikan air, alpukat, salad tawar, dan sayuran dalam porsi yang sedikit atau normal. Jangan dimakan secara berlebihan.

  • Kacang Rendah Lemak

Bagi Anda para pecinta kacang, sebaiknya memilih kacang hazelnut dan almond sebagai jenis kacang rendah lemak. Di dalam kacang tersebut mengandung lemak tak jenuh yang tidak menyebabkan kegemukan. Kacang Kenari juga mengandung asam lemak omega-3 tidak jenuh yang baik dibuat sebagai cemilan.

  • Biasakan Mengkonsumsi Yoghurt

Jika Anda ingin ngemil sehat, sebaiknya pilih yoghurt rendah lemak rasa buah untu dicemil santai di rumah atau di tempat kerja. Makanlah yoghurt dengan menambahkan buah segar, sehingga hobi ngemil Anda tidak berdampak pada obesitas.

  • Biasakan Ngemil Buah

Buah merupakan cemilan yang sehat untuk dikonsumsi ketika di rumah, di perjalanan, maupun di tempat kerja. Sehingga tubuh Anda tidak mengalami kegemukan meski hobi makan cemilan. Karena cemilannya buah.

  • Makanlah Biji–Bijian Penurun Kolesterol

Sebaiknya Anda ngemil makanan biji-bijian berkadar terendah untuk mengurangi resiko diabetes dan kolesterol. Biji yang dapat dibuat cemilan dan menurunkan kadar kolesterol ialah kwaci bunga matahari, biji Chia, biji flax (rami), dan wijen.

  • Biasakan Makan Sayuran

Biasakan Anda ngemil sayuran atau makanan yang berbahan dasar sayuran. Jika tidak selera, Anda bisa menambahkan rasa rendah lemak seperti keju muda, susu, dan mustrad untuk memberi rasa dan dapat meningkatkan selera. Anda juga bisa menumis sayuran seperti kangkung dan ditambah daging ayam atau sapi dalam jumlah yang sedikit.

  • Trail Mix Sebagai Topping

Gunakan buah kering atau dry fruit untuk memberikan makanan yang berserat dan mengandung kalori karbohidrat. Misalnya dengan menaburkan keripik pisang, keripik nangka kering untuk menambah selera makan.

  • Tidak Perlu Membuat Cemilan Sehat Dijadikan Menu Utama

Cemilan tetap saja cemilan, tidak bisa memberikan dampak kenyang dalam waktu yang cukup lama. Sehingga Anda tidak perlu menjadikan makanan cemilan sebagai makanan utama. Anda tetap membutuhkan makanan utama sebagai kebutuhan makan sehari-hari.

  • Biasakan Ngemil Sebelum Atau Sesudah Olahraga

Saat hendak olahraga, Anda perlu ngemil untuk mendapatkan energi dan sesudah olahraga Anda pun bisa ngemil untuk menggantikan energy yang terkuras saat olahraga.

Demikian informasi mengenai tips ngemil yang tidak membuat tubuh menjadi gemuk. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here