Tips Nutrisi Sebelum, Selama, Dan Setelah Olahraga

SehatFresh.com – Menurut American College of Sports Medicine, makanan dan cairan yang cukup harus dikonsumsi sebelum, selama, dan setelah olahraga untuk membantu mempertahankan kadar glukosa darah selama latihan, memaksimalkan kinerja latihan, dan meningkatkan waktu pemulihan. Tubuh harus terhidrasi dengan baik sebelum olahraga, dan minum cukup cairan selama dan setelahnya mengganti cairan tubuh yang hilang.

Berikut ulasan singkat mengenai apa yang dikonsumsi sebelum, selama, dan setelah berolahraga :

Sebelum olahraga

Tubuh memerlukan bahan bakar agar tetap berenergi selama berolahraga. Ketika olahraga dalam keadaan perut kosong, Anda tidak akan punya energi untuk memaksimalkan latihan, dan ini juga menghambat pembakaran kalori. Idealnya, satu hingga dua jam sebelum olahraga, Anda harus:

  • Makan karbohidrat seperti sereal gandum utuh, roti gandum, yoghurt rendah lemak atau bebas lemak, pasta gandum, beras merah, buah-buahan dan sayuran.
  • Hindari lemakjenuhdan pilih sumber protein rendah lemak atau tanpa lemak, seperti daging tanpa lemak, telur dan kacang-kacangan.
  • Pastikan juga tubuh tetap terhidrasi dengan minum cukup cairan.
  • Jika hanya punya waktu 5-10 menit, lebih baik makan buah seperti apel atau pisang.

Bagaimana dengan kopi? Kafein dalam kopi adalah stimulan alami yang dapat meningkatkan pernapasan, metabolisme, dan adrenalin dalam aliran darah. Dengan demikian, minum secangkir kopi bisa membantu sistem pembakaran lemak bekerja lebih cepat. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam “International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism”, minum kopi satu jam sebelum berolahraga dapat membantu membakar kalori 15 persen lebih banyak setelah latihan. Satu atau dua cangkir kopi bisa membuat olahraga lebih maksimal.

Selama olahraga

Dehidrasi dapat menyebabkan keletihan dan mengurangi performa tubuh, apalagi ketika olahraga intensitas tinggi. Jaga tubuh tetap terhidrasi dengan sering meneguk air putih, jangan menunggu kehausan. Menurut Riska Platt, M.S., R.D, konsultan nutrisi dari Cardiac Rehabilitation Center di Mount Sinai Medical Center, New York, Anda tidak perlu makan apa-apa jika durasi olahraga hanya satu jam atau kurang. Untuk intensitas yang lebih tinggi, ia merekomendasikan makan 50-100 kalori setiap setengah jam yang berasal karbohidrat seperti kismis, energi bar, atau pisang.

Setelah olahraga

Usai olahraga, isi kembali bahan bakar tubuh dengan cairan (air putih atau jus buah alami), karbohidrat untuk menggantikan bahan bakar yang digunakan saat olahraga, dan protein untuk membantu memperbaiki dan membangun jaringan otot.

Sumber gambar : herbaneka.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY