Tips Orangtua dalam Mengurus Anak dalam Kondisi Kedua Orangtua Bekerja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca, setiap orang tentu merasa was-was dengan tumbuh kembang buah hati saat kedua orangtua sibuk bekerja. Sebenarnya apa tantangan dan tips untuk mengurus anak ketika kedua orangtua bekerja ya?

Bagaimana Tantangan dan Tips dalam Mengurus Anak Ketika Kedua Orangtua Bekerja?

  • Waktu yang Cukup

Tantangan besar kedua orangtua yang bekerja ialah waktu yang kurang bagi anaknya. Maka dari itu disarankan untuk memiliki rumah yang dekat dengan kantor sehingga ketika sedang waktu luang di kantor, bisa pulang untuk sekedar bertemu dengan anak. Ketika pulang kerja, sebaiknya mandi agar terasa fresh, lalu bisa mengobrol dan mendampingi anak.

  • Cara Mengasuh yang Baik

Tantangan besar bagi orangtua ialah bingung bagaimana mengasuh anak di tengah-tengah kesibukan. Bisa dilakukan dengan membayar jasa pengasuh anak di rumah yang benar-benar bisa dipercaya. Berikan perlakuan yang baik pada pengasuh sehingga memiliki ketulusan untuk mengurus anak Anda dengan baik.

  • Perhatikan Kegiatan Anak

Meskipun Anda bekerja, berikan perhatian khusus bagi anak untuk melakukan kegiatan positif. Misalnya dengan membuat jadwal kegiatan bagi anak Anda. Berikan pengertian untuk menggunakan internet supaya tidak disalahgunakan untuk mengakses situs yang negatif.

  • Mendekatkan Diri dengan Anak Selama di Rumah

Jika Anda sudah bekerja selama 10 hingga 12 jam sehari, maka curahkanlah seluruh energi dan waktu yang tersisa untuk dekat dengan anak. Pastikan bisa menjadi pendengar dan teman yang baik bagi anak.

  • Saling Mendukung Antar Anggota Keluarga

Pastikan orangtua yang sibuk kerja harus pandai saling mendukung antar anggota keluarga, diawali dari saling mendukung antar ayah dan ibu, kemudian kepada anak. Bila sudah terbiasa saling mendukung, tentu kondisi keluarga akan lebih baik.

  • Memberikan Perhatian Ekstra Ketika Anak Sakit

Banyak orangtua yang sangat sulit mendapatkan izin untuk meninggalkan pekerjaan. Tapi ketika anak sakit, pastikan orangtua pun mengambil izin dan merawat anaknya. Ketika sakit anak akan sangat butuh pertolongan keluarga terutama orangtua.

  • Tidak Memanjakan Anak

Banyak orangtua yang memanjakan anaknya karena kurangnya waktu bersama. Tapi orangtua juga harus tetap mendisiplinkan anak-anaknya untuk menumbuhkan sikap yang baik dalam kepribadian anaknya.

  • Orangtua yang Saling Kompak

Orangtua yang saling kompak akan memupuk kepribadian anak yang baik. Meski bekerja, kedua orangtua tetap kompak ketika mengerjakan segala sesuatu kebutuhan yang ada di dalam rumah agar dapat memberikan figur yang baik bagi anak-anaknya.

Demikian informasi tentang tantangan dan tips untuk orangtua dalam mengasuh anaknya ketika kedua orangtua memilih untuk sibuk bekerja. Semoga bermanfaat bagi para Pembaca. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here