Tips Penanganan Perut Kembung pada Bayi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bayi selalu rewel saat perutnya kembung. Perut bayi sampai usianya mencapai 3 bulan seringkali kembung secara tidak wajar. Hal ini disebabkan oleh karena pencernaan bayi memang belum berfungsi secara sempurna. Biasanya bayi juga akan mengalami perut kembung saat mulai mencoba makanan yang baru.

Jangan Panik Saat Perut Bayi Kembung

Apabila Anda baru pertama kali punya anak, biasanya akan sering merasakan kebingungan saat anak rewel. Anak bisa jadi rewel karena merasakan perutnya yang kembung.

Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar perut kembung bayi bisa segera mereda yaitu sebagai berikut:

  • Gosok Perut Bayi

Biasanya perut bayi yang sedang kembung apabila ditepuk akan mengeluarkan suara yang nyaring, sebaiknya perut bayi digosok dengan baik. Hal ini akan membuat bayi menjadi lebih sering buang angin. Caranya dengan gosok saja bayi Anda di bagian punggung ke pusar dengan lembut dan jangan kasar.

  • Sebaiknya Kurangi Saja Susu Formula

Perut kembung pada bayi bisa diatasi dengan mengurangi susu formula dan digantikan dengan ASI. Kalau memang terbiasa dengan susu formula, sebaiknya takarannya dikurangi. Apabila Anda tidak mengurangi takaran susu formula biasanya perut kembung bayi disebabkan oleh adanya alergi.

  • Tepuk Punggung Bayi

Sebaiknya tepuk punggung bayi karena memungkinkan ada angina yang terperangkan di dalam perut bayi. Sehingga bayi biasanya akan bersendawa. Sebaiknya Anda gendong bayi dengan posisi tegak dengan menyangga otot leher.

  • Gunakan Air Hangat dalam Memandikan Bayi

Air hangat sangat baik digunakan untuk bayi yang sedang mengalami perut kembung. Apabila bayi mengalami perut kembung biasanya tidak kuat dengan air dingin.

  • Jangan Batasi Gerak Bayi

Bayi yang mengalami perut kembung jangan pernah dibatasi gerakannya karena justru akan semakin rewel. Sebaiknya biarkan bayi tetap bergerak dan berkembang sehingga gas yang terjebak di dalam perut bisa dikeluarkan melalui kentut. Anda juga bisa mengajak bayi bermain-main sesuai dengan fisik dan usianya.

  • Pastikan Bayi Tetap Menyusu dengan Baik

Pastikan bayi Anda tetap menyusu dengan baik sehingga perut kembung bisa teratasi dengan baik. Jangan sampai teknik menyusu pada bayi mengalami kekeliruan sehingga tidak sakit.

  • Gunakan Pakaian Hangat Pada Bayi

Sebaiknya gunakan pakaian yang hangat pada bayi sehingga bayi tidak mengalami perut kembung semakin parah. Perut kemmbung akan membuat bayi susah untuk makan dan minum sehingga kondisi tubuhnya semakin menurun.

Demikian informasi mengenai tips penanganan perut kembung pada bayi. Jangan biarkan bayi semakin rewel karena penanganan yang salah.(MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here