Tips Pencegahan untuk Masalah Kulit Keriput

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kulit Keriput merupakan hal yang tidak diinginkan oleh setiap orang, khususnya kaum wanita. Itulah sebabnya banyak wanita yang berusaha untuk melakukan berbagai perawatan dalam menghadapi masalah kulit keriput ini. Lantas bagaimana tips untuk pencegahan kulit keriput?

Penyebab kulit keriput

  1. Keriput karena bertambahnya usia. Tidak dipungkiri jika kulit keriput terjadi secara alamiah karena bertambahnya usia. Semakin bertambahnya usia seseorang, maka semakin besar pula munculnya keriput akibat proses penuaan.
  2. Keriput karena terkena paparan sinar matahari. Matahari menjadi faktor yang cukup penting  dalam mendukung terjadinya kulit keriput. Hampir 80 persen kerusakan kulit seseorang, diakibatkan oleh paparan sinar matahari. Alhasil perlindungan dari sinar matahari harus dibiasakan sejak dini, dengan berbagai cara. Misalnya menggunakan topi, masker hingga tabir surya saat keluar rumah.
  3. Keriput karena kebiasaan merokok. Faktor lain yang menyebabkan keriput pada kulit adalah kebiasaan merokok. Pasalnya merokok dapat merusak kolagen kulit, mengakibatkan peradangan hingga menyebabkan garis di sekitar mulut.
  4. Keriput karena tidak seimbangnya hormon. Seseorang yang mengalami ketidakseimbangan hormon setelah memasuki menopause, bisa mengubah tekstur atau elastisitas pada kulit. Alhasil kulit bisa berkerut, tipis atau tidak kembali lagi saat dicubit.
  5. Keriput karena gerakan otot. Rupanya gerakan pada otot yang terjadi terus menerus, bisa menyebabkan keriput. Gerakan-gerakan yang dimaksud seperti menyipitkan mata, mengkerutkan dahi, mengkerutkan alis hingga gerakan wajah lainnya.
  6. Keriput karena faktor lingkungan. Faktor lainnya yang juga mempengaruhi terjadinya keriput pada wajah adalah lingkungan yang kotor. Di antaranya asap kendaraan bermotor dan asap dari pabrik hingga debu.

Bagaimana cara mencegah kulit keriput?

  1. Gunakan pelindung untuk kulit. Guna menghindari paparan sinar matahari langsung, seseorang bisa menggunakan beberapa alat untuk melindungi kulit. Di antaranya memakai topi, kacamata, masker, payung hingga krim tabir surya.
  2. Terapkan gaya hidup sehat. Selain menjaga kulit agar tidak terkena paparan sinar matahari langsung, seseorang juga harus menghindari kebiasaan negatif. Di antaranya tidak mengkonsumsi alkohol, narkoba, begadang hingga merokok.
  3. Menjaga keseimbangan hormon. Cara ini juga cukup efektif dalam mencegah keriput pada kulit. Guna mengetahui apakah hormon yang ada di dalam tubuh seimbang atau tidak, maka konsultasikan ke dokter.
  4. Mengkonsumsi makanan sehat. Makanan 4 sehat 5 sempurna harus dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengonsumsi makanan sehat, maka kebutuhan nutrisi pada kulit juga terjaga.
  5. Hindari gerakan otot yang tidak penting. Seseorang dianjurkan untuk tidak melakukan gerakan otot yang tidak penting secara berulang-ulang dalam waktu yang lama. Hal ini bisa turut mencegah terjadinya keriput pada kulit.
  6. Mengkonsumi vitamin atau suplemen untuk kulit. Cara lain yang juga bisa dilakukan untuk mencegah kulit keriput adalah mengonsumsi vitamin atau suplemen untuk kulit. Namun seseorang perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dalam memilih vitamin dan suplemen yang sesuai. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here