Tips Perawatan Wajah untuk Tipe Kulit Kering

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Beberapa wanita memiliki kulit kering karena faktor keturunan. Beberapa wanita lainnya memiliki kulit kering karena penuaan, terbakar sinar matahari, perubahan iklim atau penyakit tertentu. Terlepas dari penyebabnya, kulit kering tidak dapat mempertahankan kelembaban sehingga menyebabkan kulit menjadi kasar, kemerahan, dan bahkan terasa gatal. Tentu ini akan mengganggu penampilan, terutama pada bagian wajah.

Perawatan kulit sehari-hari bisa memperburuk kondisi kulit kering terutama jika produk yang digunakan menggunakan bahan kimia keras. Karenanya, kulit wajah yang kering harus dirawat secara tepat.

Berikut adalah beberapa tips perawatan wajah untuk tipe kulit kering:

  • Gunakan tabir surya dengan kandungan 30 SPF atau lebih tinggi. Akibat sering terpapar sinar matahari, kemampuan kulit untuk menahan kelembaban perlahan akan menurun. Hal ini dapat memicu munculnya tanda penuaan dini, seperti garis dan kerutan halus pada wajah. Oleh karenanya, selalu gunakan tabir surya sebelum Anda beraktivitas di bawah terik matahari.
  • Gunakan pelembab dengan kandungan antioksidan. Anda bisa memilih pelembab dengan kandungan asam hialuronat atau minyak tumbuhan (tanpa wewangian). Kandungan tersebut tak hanya melembutkan kulit, tapi juga dapat mengisi kembali kulit dengan lipid dan antioksidan yang membuat kulit lebih terjaga kelembabannya.
  • Cukup minum air putih. Mencukupi kebutuhan air putih antara 8-12 gelas per hari sangat penting agar kulit terhidrasi dengan baik.
  • Perbanyak konsumsi omega-3. Omega-3 merupakan asam lemak yang dapat membantu memperkuat penahan minyak alami di kulit. Sumber omega-3 dapat berasal dari salmon, halibut, tuna, biji rami, dan kenari.
  • Humidifier. Sering berada di lingkungan kering, cuaca dingin, atau udara dengan kelembaban rendah dari pemanas atau pendingin udara bisa memperburuk kondisi kulit kering. Bila perlu, pasang humidifier di rumah agar kulit Anda terjaga kelembabannya.

Pemilik kulit kering sebaiknya menghindari:

  • Produk perawatan kulit yang mengandung alkohol, wewangian, retinoid, alpha-hydroxy acid (AHA).
  • Membasuh wajah atau mandi dengan air yang terlalu dingin atau panas.
  • Mandi terlalu lama, sebaiknya batasi waktu mandi antar 5-10 menit.
  • Menggosok kulit wajah (scrubbing) secara kasar karena dapat menyebabkan luka mikro pada permukaan kulit.

Jika perubahan yang Anda lakukan tidak membawa hasil maksimal, jangan ragu untuk meminta bantuan dari dokter kulit. Kulit yang sangat kering mungkin membutuhkan resep salep atau krim khusus. Selain itu, kulit kering juga bisa menjadi pertanda kondisi kulit yang membutuhkan perawatan lebih lanjut. (RFZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here