Tips Praktis Mendapatkan Tubuh Six Pack

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Wanita mana yang tak berdebar melihat pria bertubuh six pack? Rasanya tak ada wanita yang bisa menolak pria berperut datar dan six pack karena tampak gagah dan aura ketampanannya pun lebih terpancar. Sebetulnya, bentuk tubuh six pack tak hanya bagus untuk penampilan, melainkan juga bagus untuk menurunkan risiko penyakit. Pasalnya, penumpukan lemak di perut juga telah dikaitkan dengan risiko obesitas hingga sakit jantung. Mendapatkan tubuh six pack sebetulnya tak perlu ke gym bonafid atau beli suplemen otot yang mahal. Anda hanya perlu konsisten melakukan cara-cara berikut ini:

  • Diet sehat

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah diet. Tapi, di sini bukan diet mengurangi asupan makanan, melainkan lebih cerdas dalam memilih makanan dan berfokus pada asupan makanan-makanan yang padat gizi. Untuk mengurangi kadar lemak tubuh, kurang asupan kalori, makanan tinggi lemak, makanan cepat saji, dan minuman ringan kemasan. Sebagai gantinya, tingkatkan konsumsi buah dan sayur yang selain kaya vitamin dan mineral juga rendah kalori. Selain itu, bijak juga memilih makanan berprotein. Seperti kita tahu bahwa protein berperan penting dalam pembentukan otot. Namun, guna mengurangi asupan lemak berlebih dari protein hewani, sebaiknya pilih sumber protein rendah lemak, seperti daging ayam tanpa kulitnya, daging sapi tanpa lemak, susu rendah lemak, tempe, tahu, dan kedelai.

  • Latihan kardio

Sebelum berfokus membentuk perut, Anda perlu menurunkan kelebihan berat badan. Salah satu bentuk latihan yang efektif meningkatkan pembakaran lemak adalah latihan kardio. Latihan ini antara lain futsal, basket, renang, dan bersepeda. Anda bisa berlatih setidaknya 20-30 menit untuk intensitas tinggi dan 45-60 menit untuk intensitas sedang. Tidak perlu memforsir diri dengan berlatih terlalu keras. Cukup 3-5 kali dalam seminggu tapi konsisten.

  • Latihan perut

Setelah tubuh tak lagi kelebihan lemak, Anda bisa memulai latihan untuk membentuk otot perut. Anda dapat rajin melakukan sit up, crunch, leg raise, atau squat. Latihan perut tersebut sebaiknya dilakukan minimal 3 set dengan 8-10 repetisi 3-5 kali dalam seminggu.

  • Istirahat yang cukup

Tubuh perlu beristirahat agar memiliki cukup waktu untuk fase pembentukan dan pemulihan otot yang optimal. Ketika latihan, istirahatlah sejenak selama satu hingga dua menit diantara seri latihan. Selain itu, tak kalah penting untuk tidur malam yang cukup, 6-8 jam. Menurut penelitian, tidur malam kurang dari 3 jam secara terus menerus dapat mengakibatkan sel otot menjadi anti terhadap insulin sehingga memicu penimbunan lemak dan pada akhirnya menjadi kelebihan berat badan.

  • Kendalikan stres

Stres membuat tubuh memproduksi hormon kortisol secara berlebihan. Hormon ini dapat memengaruhi keseimbangan hormon penting dalam tubuh yang berperan penting dalam metabolisme, sistem daya tahan. maupun nafsu makan. Tak heran kalau sedang stres nafsu makan bisa meningkat, dan berat badan pun mudah melar sehingga sulit mendapatkan bentuk tubuh six pack. Selain berolahraga secara teratur, melakukan hobi yang disenangi juga merupakan cara ampuh untuk mencegah dampak buruk hormon stres yang berlebih serta memaksimalkan hasil dari olahraga untuk membentuk tubuh yang Anda lakukan.

Itulah beberapa cara sehat untuk mendapatkan bentuk tubuh yang six pack. Sebetulnya tak sulit bukan? (RFZ)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY