Tips Puasa Bagi Penderita Darah Rendah

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Jika Anda pernah mengalami kepala mendadak pusing saat Anda bangun dari posisi duduk? Anda perlu berhati-hati karena bisa jadi Anda menderita tekanan darah rendah. Gejala lain yang biasa ditimbulkan oleh tekanan darah rendah (hipertensi) adalah tubuh merasa lemas, lesu, pucat, pusing bahkan pingsan, mual dan lain sebagainya.

Kondisi fisik saat berpuasa akan lebih mudah lelah karena tubuh tidak menerima asupan makanan selama lebih dari 12 jam. Jika Anda mengidap penyakit hipertensi  ada baiknya Anda mengikuti beberapa tips berpuasa bagi penderita darah rendah di bawah ini:

  1. Periksakan diri ke dokter

Memeriksakan kesehatan kepada dokter berguna untuk mengantisipasi dan mengontrol tekanan darah Anda apakah mampu untuk melaksanakan ibadah puasa atau tidak. Pemeriksaaan ini baiknya Anda lakukan rutin sebulan atau dua bulan sebelum bulan puasa.

  1. Disiplin

Lakukan makan dan sahur Anda secara teratur. Perbanyak konsumsi air putih 8 sampai 10 gelas selama waktu berbuka dan sahur.

  1. Olahraga

Berolahraga tetap perlu Anda lakukan secara rutin saat berpuasa untuk menjaga kestabilan tekanan darah Anda. Waktu yang baik untuk berolahraga adalah 30 menit sebelum waktu berbuka atau satu sampai dua jam setelah berbuka.

  1. Konsumsi makanan berserat dan bergizi

Konsumsi makanan berserat dan yang memiliki waktu serap tubuh lama seperti beras, buah-buahan, kacang-kacangan (kacang hijau, kacang merah), buncis dan lain-lain. Makanan jenis ini mampu menaikkan tekanan darah Anda yang rendah. Jangan lupa untuk selalu penuhi asupan kalori, protein, vitamin B dan C Anda.

  1. Tambah asupan garam dalam tubuh

Lain halnya dengan penderita hipertensi, pemilik riwayat darah rendah dianjurkan mengkonsumsi makanan dengan kadar garam lebih tinggi dari biasanya. Satu sampai dua sendok garam penuhi kebutuhan garam Anda selama puasa.

  1. Biasakan bangun dengan perlahan

Jika Anda mengalami  pusing saat bangun dari  posisi duduk maka segeralah berbaring dan biasakan untuk bangun dari posisi duduk secara perlahan.

Tips berpuasa bagi penderita darah rendah diatas semoga menjadikan informasi Anda semakin bertambah dan mengurangi dampak buruk dari tekanan darah rendah.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY