Tips Remaja Ingin Berhenti Dari Kecanduan Game Online

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bermain game memanglah bukan suatu kebiasaan yang buruk bila dilakukan. Memiliki game di handphone kita merupakan hal yang wajar, karena dengan bermain game pada saat kita merasa jenuh dengan pekerjaan kita bisa menjadi lebih terhibur dan terhindar dari beban kerjaan, sekolah dan lainnya. Namun, apabila kita memiliki game online dan kita tidak bisa melakukannya dengan bijak maka hal tersebut akan menjadi suatu kebiasaan yang buruk untuk dilakukan. Kecanduan bermain game memiliki dampak negatif bagi kesehatan fisik dan psikis. Selain itu kecanduan game akan membuat kita menjadi lupa waktu dan menjadi malas untuk melakukan kegiatan lainnya.

Bagaimana cara untuk mengatasi remaja yang kecanduan game online?

  1. Miliki niat yang kuat untuk berubah

Niat merupakan modal utama dari segala usaha. Apabila anda ingin menghilangkan kecanduan bermain game online, anda harus memiliki niat dan tekad yang kuat agar bisa terlepas dari kebiasaan ini.

  1. Perkuat hubungan anda dengan Tuhan

Mendekatkan diri kepada sang pencipta merupakan cara yang paling penting untuk menghilangkan kecanduan anda terhadap game online. Bagi anda yang beragama islam memiliki kewajiban anda untuk menjalankan sholat 5 waktu. Apabila anda memiliki waktu luang diluar kegiatan sekolah lebih baik anda gunakan dengan hal yang lebih positif sebagai contoh membaca al-qur’an.

  1. Membatasi waktu bermain

Membatasi waktu pada saat bermain game merupakan salah satu upaya untuk menghilangkan kecanduan bermain game. Anda bisa melakukannya secara perlahan, namun hal ini jangan dilakukan sekali waktu akan tetapi dilakukan pada hari-hari berikutnya. Maka kebiasaan buruk ini akan berkurang dengan sendirinya.

  1. Pikirkan dampak buruknya game onlien

Game online memiliki dampak buruk baik kesehatan fisik maupun psikis anda. Apabila anda selalu memikirkan dampak buruk dari game online, maka secara perlahan kebiasaan buruk tersebut akan menghilang.

  1. Membatasi game di dalam gadget anda

Mengurangi jenis game di handphone anda merupakan salah satu upaya agar terlepas dari kecanduan game. Apabila di dalam gadget anda terdapat beberapa jenis game maka pada saat anda merasa bosan dengan satu jenis permainan anda akan mengganti ke permainan yang baru. Tentunya hal ini tidak akan bisa membuat anda terlepas dari game online.

  1. Mencoba hobi yang baru

Kecanduan game online di awali karena hobi anda terhadap game tersebut. anda harus bisa mencoba hal baru seperti memasak, membaca dan kegiatan yang lebih positif lainnya. Apabila anda mencoba jenis kegiatan baru tentunya kegiatan tersebut akan menjadi sebuah hobi dan kebiasaan.

  1. Memberi hadiah setiap kali anda bisa terlepas dari game online

Pada saat anda bisa mengendalikan diri untuk berhenti dari game online berilah hadiah sebagai penghargaan untuk diri sendiri. Hal tersebut tentunya akan membuat anda lebih bersemangat untuk terlepas dari kebiasaan buruk ini. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here