Tips saat Sahur Agar Mulut tidak Bau Selama Berpuasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bau mulut kerap tercium dari seseorang yang berpuasa. Meski dari sudut pandang agama, bau mulut sering diasosiasikan sebagai harumnya surga, namun bisa membuat seseorang kurang nyaman dan percaya diri.

Bau mulut selama berpuasa ini bisa tercipta karena adanya pemecahan senyawa fosfor. Fosfor ini ketika diurai dan dicerna akan membentuk asam amino yang menyebabkan bau mulut. Tak jarang, bau mulut ini dapat tercium oleh lawan bicara kita.

Jika Anda ingin setidaknya meredam bau mulut saat berpuasa, maka ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, seperti di bawah ini:

  • Hindari makanan berbau tajam

Makanan berbau tajam akan mudah membuat Anda menjadi bau mulut. Oleh sebab itu, mulailah menghindari makanan berbau tajam saat sahur, seperti daging merah. Daging merupakan makanan yang mengandung asam amino tinggi. Kondisi ini berpotensi menimbulkan bau mulut. Selain daging, telur dan ubi juga sebaiknya dihindari. Telur dan ubi tergolong makanan yang akan menimbulkan gas dalam perut. Sebaliknya, konsumsilah makanan yang berserat tinggi, seperti sayuran. Makanan yang berserat tinggi bukan hanya akan menjaga kesatabilan lingkungan mulut, tapi juga membantu Anda tahan menahan lapar saat berpuasa seharian.

  • Banyak minum air saat sahur

Setelah makan sahur atau sambil menunggu waktunya imsak, manfaatkan waktu untuk minum air putih. Minumlah sedikitnya dua sampai tiga gelas air putih. Minum air putih menjaga agar mulut tidak terlalu kering sehingga mencegah bau mulut. Saat waktu berbuka puasa juga jangan lupa minum air putih agar tubuh terhidrasi dengan baik.

  • Sikat gigi setelah makan

Baik saat bulan puasa maupun tidak, sikat gigi setelah makan sebaiknya dilakukan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Jadi, saat bulan Ramadhan, jangan lupa menyikat gigi setelah makan sahur untuk mencegah datangnya bakteri penyebab bau mulut.

  • Bersiwak

Dalam Islam menggosok gigi disebut bersiwak. Aktivitas ini merupakan pekerjaan ringan, namun banyak faedah kesehatan di antaranya mulut jadi bersih, gusi makin kuat, dan tentu bau mulut menghilang. Selain itu, siwak juga berfaedah ibadah, yakni mengikuti sunnah.

  • Gunakan obat kumur antibakteri

Hanya dengan sikat gigi terkadang tak mampu menjangkau semua sela-sela gigi. Gunakannlah obat kumur antibakteri agar maksimal membersihkan seluruh sela-sela gigi atau rongga mulut. Alhasil, tak ada sisa makanan dan mencegah datangnya bakteri yang menyebabkan bau mulut.

  • Bersihkan lidah

Tak hanya gigi, lidah juga menjadi bagian yang harus dibersihkan. Lidah bisa menjadi tempat menempelnya sisa makanan. Tak tertutup kemungkinan, bakteri penyebab bau mulut terdapat di lidah. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here