Tips Sehat Berpuasa Bagi Ibu Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ibu hamil memang tidak diwajibkan untuk berpuasa. Tapi mungkin sangat banyak ibu hamil yang tetap ingin menjalankan ibadah puasa. Apalagi jika kondisi tubuhnya memang memungkinkan untuk menjalankan ibadah puasa. Berikut ini ada beberapa tips sehat berpuasa untuk ibu hamil yang perlu dilakukan:

  • Mengonsumsi air yang cukup

Kebutuhan cairan ibu hamil juga diperlukan untuk memperlancar metabolisme dalam tubuh dan mencegah dehidrasi. Konsumsi air untuk ibu hamil bisa dilakukan saat sahur, berbuka dan saat malam hari sebelum tidur.

  • Hindari berbuka dengan minuman dingin

Ibu hamil yang berbuka dengan menyantap minuman dingin pasalnya dapat memicu asam lambung yang meningkat karena perut dalam keadaan dingin dan kosong karena tidak diisi seharian. Untuk orang yang tidak hamil saja, berbuka dengan minuman dingin dapat membuat nyeri perut, apalagi ibu hamil berpuasa. Jika memang ingin berbuka puasa dengan yang segar, cobalah untuk mengkonsumsi jus dengan kandungan buah-buahan yang alami tanpa pemanis buatan.

  • Mengonsumsi susu formula untuk ibu hamil

Susu formula untuk ibu hamil adalah salah satu minuman sehat yang memang direkomendasikan untuk ibu hamil. Manfaat Susu Ibu Hamil Bagi Janin adalah untuk membuat kebutuhan nutrisi harian saat berpuasa tetap terpenuhi dan janin pun bisa menjadi lebih sehat. Susu formula ini bisa dijadikan menu sahur atau berbuka puasa.

  • Perhatikan asupan nutrisi

Pemilihan makanan ketika buka dan sahur merupakan kunci penting ketika Anda memutuskan untuk berpuasa saat hamil. Konsumsilah makanan bergizi yang mengandung karbohidrat kompleks, serat, protein, serta vitamin dan mineral yang baik untuk Anda serta janin. Alih-alih mengonsumsi makanan tinggi lemak, pilihlah makanan yang lebih sehat seperti buah dan sayur.

  • Perbanyak buah dan sayur

Buah dan sayur adalah makanan yang sangat sehat. Di dalamnya ada sejumlah vitamin dan mineral yang dibutuhkan ibu hamil untuk bisa memenuhi asupan nutrisi selama berpuasa. Selain itu buah dan sayur juga dicerna lebih lama, sehingga bisa kenyang lebih lama selama berpuasa.

  • Batasi makanan manis

Hindari berbuka puasa dengan mengonsumsi makanan serta minuman manis yang tinggi gula karena bisa menaikkan kadar gula darah Anda dengan cepat. Perubahan kadar gula darah yang terlalu cepat dapat membuat Anda merasa pusing dan pingsan.

  • Olahraga tepat untuk ibu hamil

Selama satu bulan berpuasa bukan berarti anda tidak melakukan olahraga. Anda jangan berpikir bahwa olahraga akan mengeluarkan banyak keringat dan membuat anda kelelahan. Olahraga bagi ibu hamil memiliki gerakan yang membantu dalam beradaptasi pada perubahan fisik kehamilan dan juga untuk kesehatan janin. Senam ibu hamil dan yoga bisa menjadi pilihan anda, lakukan sore hari sambil menunggu berbuka sehingga energi yang hilang bisa langsung tergantikan dengan menu buka puasa anda. (KKM)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here