Tips Sehat Berpuasa Bagi Ibu Rumah Tangga dan Wanita Karir

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tidak dipungkiri jika banyak aktivitas yang harus dijalani oleh ibu rumah tangga ketika memasuki bulan suci Ramadhan. Terlebih jika ibu rumah tangga tersebut juga merangkap sebagai wanita karir, tentu saja harus pandai-pandai mengatur waktu untuk urusan pekerjaan dan keluarga.

Bagi ibu rumah tangga menjalani aktivitas di bulan Ramadhan memang cukup menantang. Mulai dari mempersiapkan menu sahur, membangunkan keluarga untuk menyantap hidangan sahur, hingga harus menjalani aktivitas-aktivitas rutin yang sudah biasa dilakukan.

Tantangan di bulan Ramadhan akan semakin berat, apabila ibu rumah tangga juga merangkap sebagai wanita karir yang bekerja di kantor. Berbagai strategi harus dilakukan agar tetap fit ketika berpuasa, meski harus menjalani rutinitas berat. Lantas bagaimana tips sehat berpuasa bagi ibu rumah tangga dan wanita karir?

Ibu perlu bangun tidur lebih awal dari anggota keluarga yang lain

Seperti yang diketahui jika menyiapkan makanan sahur menjadi salah satu tugas ibu di rumah. Alhasil ibu harus bangun lebih awal untuk menyiapkan segalanya, termasuk makanan sahur lebih awal dari anggota keluarga yang lain.

Setelah menyantap makan sahur, kemudian istirahat sejenak sembari menunggu datangnya waktu sholat shubuh. Setelah sholat subuh dilakukan, ibu dapat langsung mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan sebelum berangkat ke kantor.

Ibu perlu memperbanyak konsumsi buah dan sayur

Memiliki banyak aktivitas di luar rumah dapat membuat tubuh kehilangan banyak energi. Tentu saja mengkonsumsi buah dan sayur selama menjalani ibadah bulan suci Ramadhan, sangatlah penting untuk dilakukan.

Sayur dan buah memiliki banyak kandungan serat baik untuk tubuh. Selain itu sayur dan buah juga memiliki banyak kandungan mineral dan vitamin, sehingga berguna dalam melakukan metabolisme energi dalam tubuh. Dampaknya stamina akan tetap fit selama menjalani ibadah puasa.

Ibu harus tidur lebih awal agar memiliki waktu istirahat yang cukup

Tips sehat berikutnya adalah memberikan saran kepada ibu yang juga berprofesi sebagai wanita karir, untuk tidur lebih awal agar memiliki waktu istirahat yang cukup. Dengan istirahat yang cukup akan membantu untuk mengembalikan vitalitas tubuh ibu selama bekerja. Hindari kafein yang bisa saja membuat rasa ngantuk justru hilang.

Ibu harus mengonsumsi makan sehat secara teratur

Ibu harus mengonsumsi makanan sehat secara teratur selama menjalani puasa di bulan Ramadhan. Jangan lupa untuk meningkatkan konsumsi air putih ketika sahur dan berbuka, agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Ibu dianjurkan jangan terlalu lama duduk

Rupanya terlalu lama duduk dapat mengakibatkan tubuh menjadi pegal-pegal, karena kurang bergerak. Alhasil selama di kantor ibu perlu meluangkan waktu untuk melakukan aktifitas ringan, misalnya saja berdiri atau berjalan sejenak.

Ibu jangan melupakan olahraga

Guna menjaga stamina tubuh, olahraga ringan bisa dilakukan, misalnya saja jalan santai di pagi atau sore hari. Ibu ketika bangun tidur juga bisa melakukan gerakan-gerakan peregangan ringan, seperti memutar tangan dan kaki atau memutar leher ke kiri dan kanan. Tujuannya agar otot-otot menjadi renggang, sehingga tidak mengalami cedera saat menjalani aktivitas sehari-hari. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY