Tips Tangani Seseorang dengan Kecanduan Seks

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bila hasrat seksual sulit dikendalikan bisa jadi itu gejala kecanduan seks. Kalau Anda memiliki pasangan yang memiliki gejala kecanduan seks, maka segera tangani. Tak banyak riset yang mengungkap cara terbaik mengatasi kondisi ini. Namun, ada sejumlah tips menangani seseorang yang kecanduan seks seperti di bawah ini:

  • Bicara dari hati ke hati

Kecanduan seks bisa terjadi pada pria atau wanita. Kondisi ini menyebabkan seseorang selalu terangsang dan ingin melakukan aktivitas seks dengan lebih banyak dan intens. Kalau Anda memiliki pasangan yang lebih banyak memikirkan seks ketimbang hal lain, coba ajak bicara. Ungkapkan apa saja yang Anda alami saat berhubungan seks dan hal lain seperti tidak nyaman melakukan seks setiap hari atau terpaksa.

  • Psikoterapi

Ini adalah bagian yang sangat penting dari setiap jenis pengobatan terhadap kecanduan. Isu yang akan dibahas dalam sesi terapi ini termasuk mengidentifikasi, mengubah pola pikir negatif, membatasi keyakinan, berurusan dengan konflik internal, meningkatkan wawasan dan kesadaran diri serta melihat hubungan antara masalah interpersonal dan kecanduan Anda.

  • Terapi kelompok

Terapi kelompok melibatkan sesi reguler dengan sejumlah kecil pecandu seks lainnya. Sesi ini dipimpin oleh seorang terapis. Jenis terapi ini sangat bermanfaat, karena masing-masing anggota kelompok dapat saling mendukung dan belajar dari pengalaman masing-masing. Terapi ini juga ideal untuk menghadapi alasan, pembenaran dan penolakan yang berjalan seiring dengan perilaku kecanduan.

  • Terapi keluarga dan pasangan

Perilaku adiktif selalu berdampak pada keluarga dan kerabat. Sesi terapi ini memberikan kesempatan Anda untuk mengatasi emosi, konflik yang belum terselesaikan dan perilaku problematik. Sesi ini dapat memperkuat sistem pendukung utama Anda dengan membantu orang-orang terdekat Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik akan kecanduan yang Anda miliki.

  • Obat-obatan

Obat-obatan sering memainkan peran utama dalam pengobatan gangguan hiperseksual. Beberapa obat dapat membantu mengurangi perilaku kompulsif dan pikiran obsesif, sementara yang lainnya dapat menargetkan hormon tertentu yang terkait dengan kecanduan seks atau dapat mengurangi gejala yang menyertai seperti depresi atau kecemasan.

Salah satu antidepresan untuk menangani kecanduan seks adalah Selective serotonin reuptake inhibitors (SSRI). Ini adalah jenis yang paling umum dari antidepresan yang digunakan untuk mengobati hiperseksualitas. SSRI termasuk obat-obatan seperti Paxil, Prozac dan Zoloft. Obat tersebut dapat membantu mengurangi pikiran obsesif dan perilaku kompulsif. Mereka juga membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan.

Selain itu ada juga obat naltrexone yang biasanya digunakan untuk mengatasi efek dari narkotika. Obat ini kemungkinan bisa berguna mengurangi dorongan seksual orang yang kecanduan seks.

Dengan melakukan metode yang ada serta sabar melakukannya, kecanduan tidak hanya bisa dikurangi, tapi juga disembuhkan. Semoga bermanfaat! (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here