Tips Terhindar dari Cedera saat Berolahraga

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Orang yang baru memulai rutinitas olahraga sangat rentan terhadap cedera. Bahkan atlet yang sudah berpengalaman juga berisiko mengalaminya. Cedera bisa menyebabkan rasa sakit yang luar biasa dan tentunya menghambat aktivitas.

Berikut adalah beberapa cara sederhana yang dapat membantu menghindarkan Anda dari cedera saat berolahraga:

  • Pemanasan

Terlepas dari jenis olahraga yang dilakukan, pemanasan sebelum memulai latihan sangat penting guna melemaskan otot dan sendi. Tanpa pemanasan Anda lebih berisiko mengalami ketegangan dan cedera otot ketika memutar atau menggerakkan sendi ke arah yang salah. Anda dapat melakukan 5-10 menit pemanasan dengan melakukan gerakan kardio ringan (misalnya berjalan kaki) sebelum sesi latihan kardio sedang atau berat.

  • Hidrasi

Berolahraga tanpa minum air putih sebelum dan selama latihan sama dengan mengemudikan mobil tanpa bahan bakar. Dengan kata lain, tanpa hidrasi yang cukup, sistem tubuh tidak akan dapat bekerja dengan baik dan Anda juga lebih berisiko terhadap cedera.

  • Nutrisi

Nutrisi sama pentingnya dengan hidrasi. Meski tubuh akan menggunakan lemak sebagai cadangan energi, Anda mungkin akan mengalami cedera sebelum mekanisme tersebut berjalan jika Anda tidak memiliki cadangan glikogen yang cukup untuk digunakan selama sesi latihan Anda. Mengonsumsi protein yang cukup pasca latihan diperlukan untuk memperbaiki kerusakan serat otot. Selain itu, penting juga untuk mendapat asupan karbohidrat yang cukup sebelum latihan.

  • Jangan memforsir diri

Mulailah dengan latihan moderat sekitar 20 menit tiga kali seminggu dan tingkatkan secara bertahap dari minggu ke minggu. Anda harus peka batas kemampuan tubuh Anda. Pastikan untuk mendapat tidur malam dan waktu istirahat yang cukup guna mempercepat pemulihan pasca latihan. Memforsir diri demi cepat mencapai tujuan latihan hanya akan mencederai tubuh Anda.

  • Menggunakan peralatan yang tepat

Jangan berhemat pada hal-hal yang Anda butuhkan untuk berolahraga, seperti pakaian dan sepatu olahraga berkualitas tinggi, helm sepeda, dan bantalan untuk siku dan lutut. Pastikan untuk membeli peralatan olahraga berkualitas baik. Tak hanya sekedar gaya, peralatan olahraga berkualitas tinggi dirancang dengan memerhatikan aspek keamanan guna meminimalisir risiko cedera penggunannya.

  • Pendinginan

Pendinginan dan meregangkan otot-otot setelah latihan sama pentingnya dengan pemanasan sebelum memulai latihan. Cukup beberapa menit saja, turunkan intensitas gerakan secara bertahap dan lakukan peregangan pada otot-otot secara perlahan. Pendinginan berlaku untuk segala jenis latihan, mulai dari lari, aerobik, bersepeda, hingga latihan beban. (RFZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here