Tips Tetap Sehat Ketika Bekerja

SehatFresh.com – Bekerja merupakan suatu kegiatan yang harus dilakukan untuk mendapat penghasilan. Ada pula orang yang melakukan suatu pekerjaan berdasarkan hobi mereka. Sebut saja orang yang membuka usaha kuliner atau menjadi seorang penulis. Tidak sedikit orang yang terlalu asik melakukan pekerjaannya hingga lupa dengan kesehatan diri sendiri. Baik yang terlalu asyik bekerja, atau memang sedang dikejar deadline. Menyelesaikan target sesuai dengan waktu yang ditentukan memang harus dilakukan, tapi bukan berarti kita jadi melupakan kesehatan diri kita.

Jika sakit sudah menyerang, maka semua pekerjaan, jadwal acara, dan lain sebagainya akan terganggu. Semua aktivitas yang telah dijadwalkan pun harus berubah karena diri kita tak mampu mengerjakannya dengan baik. Agar tubuh tetap fit ketika menjalani aktifitas, ada beberapa tips menjaga kesehatan yang perlu diperhatikan, yaitu sebagai berikut:

  • Mengistirahatkan tubuh sejenak

Tak sedikit orang yang harus bekerja dengan posisi duduk dalam waktu yang cukup lama. Berjam-jam berkutat dengan meja kerja dan berhadapan dengan komputer. Jika Anda termasuk salah satu orang yang bekerja dengan demikian, maka sempatkanlah diri Anda untuk beristirahat sejenak. Tak perlu melakukan banyak hal, cukup berjalan keruangan lain menyapa teman, berjalan keluar kantor, dan menghirup udara segar, atau mungkin sekadar pergi ke toilet. Terlihat sepele, namun hal ini dilakukan agar Anda tidak cepat bosan. Dengan melakukan hal tersebut, aliran darah Anda juga akan mengalir lancar, karena tubuh tetap bergerak.

  • Memastikan Konsumsi Air Putih Tercukupi

Banyak orang yang hanya minum ketika haus, padahal sehari kita memerlukan banyak cairan. Sedikitnya 1,5 liter cairan harus dikonsumsi setiap harinya. Seperti yang ketahui, banyak sekali manfaat dari meminum air putih, seperti meningkatkan konsentrasi, menjaga mood tetap baik, dan membantu proses pencernaan. Cukup minum dapat membantu menjernihkan pikiran. Maka pastikan konsumsi air putih Anda tercukupi, terlebih bagi Anda yang memiliki beban pekerjaan cukup berat. Jangan sampai Anda dehidrasi karena kekurangan cairan.

  • Mengatur tingkat Stres

Seperti yang tadi telah kita bahas, bahwa banyak orang yang bekerja dengan mengejar deadline. Agar terhindar dari stres, maka kita harus pintar mengontrol tingkat beban pikiran yang kita tanggung. Sempatkanlah diri untuk berlibur baik bersama keluarga, kerabat, atau sehabat Anda. Lakukan hal menyenangkan yang dapat membuat pikiran Anda menjadi lebih rileks, dengan begitu Anda akan tetap semangat dalam mengerjakan berbagai aktifitas dan segudang agenda yang telah menunggu.

  • Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan Kerja

Tak bisa dipungkiri, jika kebersihan menjadi salah satu kunci bagi kesehatan setiap orang. Jika tidak memerhatikan kebersihan diri dan lingkungan kerja, tak heran jika diri kita akan mudah terserang sakit. Banyak penyakit yang disebabkan karena masalah kebersihan ini. Salah satunya ialah demam berdarah, nyamuk senang tinggal di tempat kotor dan lembab. Untuk mencegah hal tersebut, kita harus pintar menjaga kebersihan, seperti tidak menumpuk barang- barang di sekitar meja kerja karena hal tersebut dapat ditinggali oleh nyamuk.

  • Membatasi Konsumsi Kafein

Membatasi konsumsi kopi bisa jai menajdi salah satu pilihan yang bijak, misalnya membatasi mengkonsumsi hanya secangkir kopi di pagi hari.

Demikian tips yang tetap sehat untuk rutinitas yang padat atau karena sibuk bekerja. Tetap jjaga kesehatan agar rutinitas Anda tidak terganggu.

Sumber gambar : ensiklopediaindonesia.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY