Tips Tingkatkan Kekebalan Tubuh Anak Secara Alami

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kekebalan tubuh atau imun sangat penting agar tubuh tetap sehat. Sistem imun bekerja secara kolektif untuk melawan zat asing yang masuk ke dalam tubuh. Sayangnya, sistem kekebalan tubuh belum bekerja optimal pada anak-anak. Oleh sebab itu, penting untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya.

Belum optimalnya sistem kekebalan tubuh pada anak-anak menyebabkan mereka rentan terserang berbagai penyakit. Namun, ada sejumlah tips yang bisa diterapkan oleh orangtua untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak secara alami.

  • ASI ekslusif

Pada anak usia 0–6 bulan, pemberian ASI ekslusif sangat membantu meningkatkan daya tahan tubuhnya. Penelitian menunjukkan bahwa dengan memberikan ASI, maka kekebalan tubuh anak meningkat dan memberikan perlindungan terhadap penyakit yang berhubungan dengan pernafasan dan pencernaan.

  • Asupan sehat

Berikan asupan sehat dan gizi seimbang. Beberapa asupan tersebut antara lain susu kedelai, ikan, telur, madu, gandum, sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Selain baik untuk sistem imun, asupan terbut juga dapat meningkatkan perkembangan tubuh dan menambah kecerdasan anak.

  • Hindari konsumsi gula berlebih

Selain asupan sehat yang perlu dikonsumsi, anak-anak juga sebaiknya tidak mengonsumsi gula berlebihan. Konsumsi gula berlebih dapat menurunkan kekebalan tubuh setidaknya selama beberapa jam setelah gula selesai dicerna. Jadi, hindari anak mengonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi, seperti permen, coklat, softdrink, dan kue manis.

  • Jaga kebersihan tangan

Kebiasaan mencuci tangan mengurangi kemungkinan tertular sakit pada pernafasan ataupun pencernaan secara drastis. Jadi, seringlah mengajak anak Anda untuk terbiasa mencuci tangan dengan benar (digosok hingga sela-sela jari) atau minimal menggunakan hand sanitizer.

  • Istirahat cukup

Penelitian membuktikan istirahat yang cukup bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Istirahat yang cukup, misalnya, akan menurunkan risiko flu dibandingkan ketika kurang tidur. Umumnya, anak-anak membutuhkan waktu istirahat yang lebih lama dibandingkan orang dewasa.

  • Bermain di lingkungan

Seringkali orangtua khawatir pada anak yang bermain kotor-kotoran. Padahal, dengan bermain di lingkungan, maka sistem kekebalan tubuh anak akan berkembang sepenuhnya. Meskipun kondisi anak bermain di halaman akan terkena paparan kotor, kondisi ini bisa mendorong sel tubuh dalam memerangi infeksi.

  • Kurangi antibiotik

Kurangi memberikan antibiotik apabila sakit anak ringan. Umumnya, antibiotik disertakan saat memeriksakan anak yang sakit ringan ke dokter, seperti flu, pilek, atau sakit tenggorokan. Padahal, pemberian antibiotik pada anak yang terlalu sering akan melemahkan sistem kekebalan tubuhnya.

  • Hindari polusi udara

Polutan udara bisa merusak silia rambut di dalam hidung yang berfungsi sebagai penangkal masuknya benda asing ke dalam tubuh. Polutan ini bisa berasal dari asap rokok, pembakaran, bahan bakar, dan beberapa bahan kimia berbahaya lainnya.

  • Banyak tertawa

Apa hubungannya antara kekebalan tubuh dan tertawa? Penelitian yang pernah dilakukan membuktikan bahwa menonton film komedi akan membantu dalam meningkatkan produksi sel untuk membunuh kuman pilek dan flu. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here