Tips Traveling Sehat dan Menyenangkan untuk Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Seperti yang diketahui jika masa remaja merupakan momen yang paling pas untuk melakukan traveling. Pergi bersama teman-teman ke gunung atau pantai, menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan. Hanya saja sebelum berwisata, ada beberapa hal yang harus dilakukan remaja agar perjalanan tidak banyak menemui kendala.

Harus meminta izin orang tua

Meski terkesan klise, namun satu hal ini harus dilakukan remaja. Restu orang tua secara tidak langsung akan membuat perjalanan semakin lancar. Remaja memang bukan tergolong anak-anak, namun juga belum bisa dikatakan dewasa. Penting bagi remaja untuk menginformasikan tujuan traveling kepada orang tua, agar tidak panik dan merasa tenang.

Jangan berpergian sendiri

Remaja boleh aja merasa mandiri dan optimis, namun sebaiknya jangan melakukan perjalanan seorang diri. Terlebih lagi untuk remaja perempuan. Selain bersama keluarga, traveling juga bisa dilakukan bersama teman-teman. Berpergian menikmati pemandangan alam tentu akan lebih menarik apabila dilakukan secara bersama-sama.

Pastikan memiliki rencana dan tujuan yang jelas

Bagi remaja yang belum pernah berpergian, alangkah baiknya membuat rencana dan tujuan yang jelas. Beberapa hari sebelum berangkat, remaja harus sudah merencanakan agenda-agenda apa saja yang akan dilakukan. Misalnya saja akan menggunakan transportasi apa, akan menginap di mana, akan menikmati makanan apa saja, serta menetapkan anggarannya.

Harus meninggalkan nomor telepon yang bisa dihubungi

Remaja sebelum berangkat traveling, perlu meninggalkan nomor telepon yang bisa dihubungi orang terdekat. Apabila mempunyai lebih dari 1 nomor, maka berikan semuanya kepada orang terdekat. Tujuannya agar komunikasi bisa berjalan lancar dengan keluarga atau pun teman-teman.

Perlu membawa peta atau buku perjalanan

Meski dianggap sepele, namun peta atau buku panduan perjalanan cukup memberikan kontribusi yang positif. Buku panduan sangat berguna untuk menjadi petunjuk, apabila tersesat di tempat tujuan. Dari buku panduan tersebut seseorang juga bisa mengetahui informasi mengenai akomodasi, transportasi, tempat makan, serta destinasi wisata lainnya.

Harus menjaga perilaku selama perjalanan

Masa remaja memang identik dengan keceriaan. Berbagai aksi pasti akan dilakukan seperti berfoto bersama, melakukan hal-hal yang menantang, hingga tertawa lepas yang memekikkan telinga. Namun remaja juga harus memperhatikan tingkat keamanan di tempat wisata.

Jangankan melakukan perilaku-perilaku yang melanggar norma atau aturan hukum. Di tempat wisata tidak perlu berpakaian yang terlalu ‘heboh’, apalagi memamerkan gadget keren. Karena hal tersebut bisa saja menjadi incaran pihak-pihak yang tidak tanggung jawab.

Harus memberi kabar orang tua dalam waktu tertentu

Mengabari orang tua juga merupakan hal yang penting untuk dilakukan selama perjalanan traveling. Remaja perlu mengabari orang tua saat setelah tiba di tempat tujuan, untuk memberi informasi jika kondisi baik-baik saja. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here