Tips untuk Ayah Agar Bisa Memperkuat Bonding dengan Bayi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sekarang ini, bukan hanya ibu yang harus punya hubungan emosional yang kuat dengan bayi. Ayah pun juga bisa, walaupun tidak sekuat ibu yang hamil, melahirkan dan menyusui bayi. Kenapa sih harus memperkuat bonding antara ayah dan si bayi? Sebuah penelitian yang dilakukan Oxford University menjelaskan, bahwa anak yang dekat dengan ayahnya sejak dini akan memiliki prestasi yang membanggakan di bidang akademis.

Bukan hanya itu, bonding yang baik dan kuat dengan ayah juga dapat membentuk karakter positif pada anak. Meskipun terkadang terlihat sulit, ada beberapa kebiasaan yang perlu dilakukan ayah sebagai cara membangun bonding dengan bayi. Ada banyak cara yang cukup mudah untuk memperkuat bonding dengan bayi. Sebagai sosok ayah, Ia perlu ada disetiap rutinitas si bayi seperti sebelum tidur ataupun pada pagi hari. Kemunculan sosok ayah pada setiap hari cukup membantu ayah untuk lebih dekat dengan bayi.

Berikut adalah beberapa tips untuk ayah agar bisa memperkuat bonding dengan bayi, yuk disimak.

  1. Siap siaga menemani saat malam

Setelah hampir seharian menghabiskan waktu di kantor, jadikanlah malam hari menjadi waktu bersiap siaga menemani si kecil. Malam hari menjadi waktu yang tepat untuk membangun bonding dengan si kecil sebelum beranjak tidur. Membantu menjaga si kecil saat istri beristirahat juga akan memberikan momen berkualitas antara Anda dengan bayi.

  1. Berilah si kecil sentuhan

Meskipun belum bisa berbicara, bayi mampu merespon setiap sentuhan khususnya sentuhan dari orang tua. Sentuhan seorang ayah mampu menenangkan dan membuat bayi merasa lebih relaks. Anda juga bisa melakukan pijatan lembut pada bagian-bagian yang tidak terlalu beresiko, seperti pijatan lembut pada kaki, lengan dan perut selama 10-15 menit yang akan membuat si kecil semakin merasakan kehadiran sang ayah.

  1. Belajar meredakan tangisannya

Ketika bayi menangis, akan sangat mudah bagi ibu untuk menenangkannya kemudian. Sebagai seorang ayah, sebaiknya Anda mulai belajar bagaimana menjadi sosok yang juga mampu memberikan rasa nyaman dan ketenangan pada bayi. Ayah bisa menenangkan bayi yang menangis dengan cara bernyanyi untuk si bayi, mengalihkan perhatiannya dengan mengajaknya jalan-jalan, menggendong dan mengayunnya dengan lembut serta memberikan pelukan hangat.

  1. Bermain bersama si kecil

Bermain merupakan kegiatan menyenangkan, sekaligus cara untuk memperkuat emosi dan kedekatan bayi dengan sang ayah. Bernyanyi, membacakan buku cerita dan mendongeng dengan cara yang mencuri perhatian adalah beberapa jenis kegiatan bermain yang bisa dilakukan ayah dengan si bayi. Namun perlu diingat bahwa ketertarikan dan rentang perhatian bayi berbeda-beda terhadap permainan. Jadi diusahakan jangan terlalu berlebihan. Berhentilah segera bermain dan beristirahat saat bayi mulai memalingkan mukanya atau mengalihkan pandangannya dan mulai rewel. Jangan lupa sesekali tunjukkan sisi humoris Anda dengan memasang mimik wajah lucu agar si kecil tertawa.

  1. Menggantikan popok

Menggantikan popok si kecil terkadang akan terasa rumit bagi ayah karena terkadang si kecil tidak bisa diam. Sebelum menggantikan popok bayi, pastikan Anda melakukannya di dalam ruangan yang bersuhu hangat. Persiapkan semua barang yang dibutuhkan agar dekat dengan jangkauan Anda. Jangan meninggalkan bayi dalam kondisi sendirian walaupun sebentar. Gantilah popok si kecil dengan lembut dan perlahan-lahan, selingkan suasana yang menyenangkan entah itu bernyanyi atau mengajak si kecil berbicara.

  1. Menjadi ayah ASI

Ayah juga bisa membantu ibu untuk menyusui bayi. Bagaimana caranya? Pastikan Anda sudah mengetahui cara memberikan ASI perah pada si kecil. Agar bonding berjalan secara maksimal, ketika memberikan susu, pandanglah mata si kecil sambil mengajaknya berkomunikasi. Walaupun kemungkinan besar si kecil belum mengerti tetapi ia pasti dapat merasakan kasih sayang dari Anda.

  1. Kanguru care

Serupa dengan seekor kanguru yang dilindungi oleh induknya di dalam kantung di bagian depan tubuhnya, cara ini juga bisa dijadikan orang tua untuk menjaga buah hatinya. Dengan cara menggendong dan memeluk si kecil di dada tanpa terbungkus pakaian. Cara ini mampu memberikan kontak kulit antara Anda dengan bayi yang bisa bermanfaat untuk menjaga suhu tubuh si kecil, mengatur kecepatan jantung dan pernafasannya, menenangkan tangis si kecil dan secara emosional akan membuat si kecil merasa lebih nyaman dan aman.

  1. Temani si kecil tidur

Setiap malam ketika selesai disusui oleh sang ibu, Anda bisa menemani si kecil untuk tidur dengan cara menggendong, menyanyikan lagu sambil mengusap-usap kepalanya. Waktu tidur yang konsisten juga penting untuk menjaga rutinitas tidur bayi. Sambil meninabobokan si kecil, jangan lupa ungkapkan perasaan sayang Anda dengan pelukan. Si kecil pasti bisa merasakan kasih sayang ayah sehingga bonding antara Anda dengan si kecil semakin kuat dan erat.

Yuk para ayah sekalian, jangan lupa ya untuk melakukan ritual bonding di atas dengan si kecil agar hubungan emosional Anda dengan si kecil semakin erat. (SFK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here