Tips untuk Ibu Hamil yang Mempunyai Kolesterol Tinggi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kolesterol merupakan jenis lipid yang merupakan molukul lemak atau menyerupainnya atau metabolit yang mengandung lemak kolesterol yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Kolesterol menjadi berbahaya bagi tubuh saat kadarnya terlalu tinggi di tubuh atau khususnya pada aliran darah. Hal itu berbahaya juga jika ibu hamil memiliki kolesterol tinggi.

Ibu yang hamil dengan kolesterol tinggi pada tubuh berbahaya karena dapat menganggu tubuhnya. Gangguan yang muncul biasanya ibu akan merasakan sesak nafas, mudah lelah, pusing dan aliran darah tak lancar. Hal tersebut terjadi karena kolesterol tinggi pada pembuluh darah akan membuat pembuluh darah mengalami penyempitan.

Peningkatan kadar kolesterol pada ibu hamil biasanya terjadi saat trimester 1 dan 2 saat wanita sedang hamil, kondisi ini sama halnya dengan perubahan hormonal, kadar kolesterol dalam darah anda pun meningkat secara alami ketika hamil. Kadar kolesterol yang  meningkat pada trimester kedua kehamilan dan puncaknya selama trimester ketiga akan kembali ke tingkat normal suatu tempat sekitar 4 minggu setelah melahirkan.

Meskipun akan kembali normal saat setelah melahirkan. Akan lebih baiknya anda tetap menjaga kolesterol normal saat hamil sehingga kesehatan anda dan janin pun terjaga. Untuk itu berikut beberapa tips untuk ibu hamil dengan kadar kolesterol tinggi yang bisa anda terapkan:

  1. Periksakan kesehatan anda secara rutin

Pada masa kehamilan hendaknya anda rajin berkonsultasi atau cek kesehatan dengan dokter kandungan anda. Sehingga saat gangguan kolesterol muncul, dokter dapat segera mengatasinya. Apalagi saat bulan puasa dan anda menjalankan ibadah puasa maka rutin ke dokter itu wajib. Minimal satu bulan sekali anda harus memeriksakan kehamilan anda.

  1. Hindari merokok atau asap rokok

Untuk menangani kolesterol tinggi saat hamil sebaiknya hindari merokok. Jika anda bukan perokok maka jauhi juga asap rokok. Jika anda sedang di lingkungan dengan perokok maka pergi atau menjauhlah agar anda tak menghisap asap rokok yang berbahaya tersebut.

  1. Olahraga

Meskipun sedang hamil olahraga juga dianjurkan bagi anda. Tetaplah berolahraga seperti olahraga kecil atau ringan. Anda bisa olahraga jalan santai sebagai contohnya. Sehingga kolesterol tidak semakin menumpuk dalam tubuh.

  1. Diet seimbang

Atur pola makan anda seperti hindari makanan yang akan meningkatkan kadar kolesterol yaitu gorengan dan sejenisnya. Perbanyak sayur dan buah yang dapat menekan peningkatan kadar kolesterol.

  1. Istirahat cukup

Jangan terlalu lelah adalah kewajiban bagi ibu hamil. Oleh karena itu untuk menangani kolesterol tinggi anda juga perlu istirahat yang cukup. (DKA)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here