Tips untuk Kulit dan Rambut yang Sehat pada Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tidak hanya berlaku pada kaum wanita, perawatan rambut dan kulitpun ternyata juga menjadi perhatian bagi kaum pria. Perawatan diri dalam hal ini rambut dan kulit dapat membuat pria tampak bersih, segar dan menarik.

Perawatan diri tidak ada hubungannya dengan sifat feminim. Hakikatnya setiap orang, baik pria maupun wanita harus rutin melakukan perawatan diri agar tetap menjaga kebersihan.

Seiring bertambahnya usia pasti anda akan menemukan beberapa keluhan pada rambut dan kulit. Seperti rambut rontok, kebotakan dan kulit kusam atau kulit keriput.

Oleh karena itu kita perlu melakukan perawatan diri untuk menjaga dan mencegah terjadinya keluhan-keluhan seperti di atas, tentunya dengan cara yang baik dan tepat.

Untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut, anda dapat melakukan beberapa tips di bawah ini :

  1. Gunakan tabir surya

Menurut penelitian dari University of Calivornia Davis Medical center, penyebab munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit lebih banyak disebabkan oleh faktor seperti radikal bebas, paparan sinar ultraviolet, dan stress yang berkepanjangan. Oleh karena itu bagi anda yang sering beraktivitas di luar ataupun di rumah baik dalam keadaan mendung sekalipun harus memakai tabir surya. Dengan penggunaan tabir surya dapat melindungi anda dari sengatan sinar matahari, mengurangi risiko kanker kulit, dan tentunya mencegah penuaan dini serta membuat kulit anda tetap sehat.

  1. Mencuci rambut secara teratur

Bagi anda yang bermasalah dengan rambut berketombe dan berminyak, sangat baik jika anda teratur mencuci rambut. Dengan mencuci rambut akan menjaga rambut anda tetap lembut, bersih dan segar. Rambut yang bersih akan tetap terjaga kelembapanya dan membuat anda terhindar dari ketombe dan rambut berminyak.

  1. Lindungi rambut dari sinar matahari

Seperti halnya kulit, rambut yang terlalu lama terpapar sinar matahari juga dapat mengalami kerusakan. Oleh karena itu, sebaiknya anda menggunakan pelindung pada bagian kepala seperti topi atau payung. Sehingga dapat terhindar dari rambut rontok atau masalah lainnya.

  1. Kurangi garam

Terlalu banyak mengonsumsi garam dapat membuat rambut anda kering dan kemudian rontok, karena garam memiliki efek sebagai pengering, yaitu menyerap air keluar dari sel-sel. Jadi mulai sekarang kurangi konsumsi garam anda. Mungkin dengan mengurangi garam akan membuat makanan yang anda konsumsi kurang sedap. Namun, akan berdampak baik bagi kesehatan anda.

  1. Olahraga

Berolahraga minimal sekali sehari merupakan salah satu cara untuk membantu menumbuhkan rambut yang sehat dan kuat. Selain untuk kebugaran dengan olahraga dapat meningkatkan aliran darah yang membawa nutrisi ke kulit kepala untuk pertumbuhan rambut yang lebih sehat. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here