Tips untuk Memberikan Pendidikan Seks pada Remaja

0
3
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Beberapa orang tua mungkin masih menganggap tabu untuk membicarakan persoalan seks dengan anak mereka yang beranjak remaja. Di saat remaja, keingintahuan anak dalam hal apapun, termasuk seks akan semakin besar, hal tersebut sangat wajar. Mereka mungkin saja akan bertanya bagaimana rasa berciuman, apa itu pemerkosaan, dan lain sebagainya. Mereka pun lantas berusaha mencari tahu dan mengobati rasa penasarannya tersebut dengan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber.

Sebagian dari mereka bertanya mengenai hal tersebut kepada orang tua, ada juga beberapa yang lain merasa sungkan untuk menanyakannya. Menanggapi hal tersebut, sebagai orang tua hendaklah kita tanggap dengan memberikan pendidikan mengenai seks, agar mereka tidak mendapatkan informasi yang keliru.

Mungkin awalnya Anda dan anak akan merasa canggung untuk membicarakan hal tersebut, tapi ingatlah bahwa perkembangan anak adalah lebih penting dari rasa canggung tersebut. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam memberikan pendidikan seks pada anak Anda:

  1. Menerapkan keterbukaan

Apabila Anak menanyakan tentang sesuatu yang berhubungan dengan seks, tak perlu menutup-nutupi dan menghindar. Hal tersebut malah justru akan membuat anak menjadi semakin penasaran dan mencari jawaban sendiri yang belum tentu kebenarannya.

Sesuaikan dengan usia dan porsi pemahamannya, jelaskan dengan sederhana, jangan malu dan jangan ragu.

  1. Orang tua memiliki pengetahuan yang cukup

Untuk dapat memberikan pendidikan seks kepada anak, pastilah terlebih dahulu orang tua harus memiliki pengetahuan yang cukup mengenai seksualitas, mulai dari nafsu birahi, ketertarikan lawan jenis dan kebersihan genital.

  1. Berikan pendidikan seks dengan bertahap

Jangan memaksakan anak untuk menyerap banyak informasi sekaligus dalam satu waktu. Akan lebih baik jika saat ini Anda menjelaskan tentang satu topik kemudian di kesempatan berikutnya membahas tentang topik yang lain. Hal ini akan membuat anak bisa memahami topik tersebut dengan baik.

  1. Jangan memarahi anak

Mungkin suatu saat Anda akan terkejut ketika anak menanyakan mengenai seks. Namun, kendalikan diri Anda untuk tidak menunjukkan rasa kaget tersebut dan tidak marah pada anak. Karena hal tersebut justru akan membuat anak merasa sungkan untuk kemudian hari bertanya lagi kepada Anda mengenai masalah seks dan akhirnya dia akan mencari informasi tersebut di luar.

  1. Keterampilan berkomunikasi

Dalam hal ini, keterampilan berkomunikasi sangat penting. Sikap Anda yang santai dan manis namun jelas dalam memberikan informasi akan membuat anak nyaman dan mengerti mengenai topik yang sedang dibicarakan. Seks bukanlah suatu yang kotor dan jorok, hal tersebut adalah normal bagi setiap manusia.

Demikianlah beberapa tips untuk memberikan pendidikan seks pada anak usia remaja. Akan lebih baik lagi jika Anda rajin mengikuti seminar mengenai pendidikan seks remaja dan mengikuti diskusi- diskusi yang bermanfaat bagi Anda. (AYK)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY