Tips untuk Mengatasi Fobia Sosial

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Apa itu fobia sosial? Dalam dunia psikologi, fobia sosial sering disebut dengan Social Anxiety Disorder. Fobia sosial ini adalah salah satu bentuk dari gangguan kecemasan berlebih terhadap interaksi sosial. Dengan kata lain, fobia sosial adalah ketakutan berlebihan tanpa sebab yang dimiliki oleh seseorang untuk berinteraksi dengan orang lain. Ketakutan yang dialami oleh penderita fobia sosial bukan hanya malu saat berinteraksi dan berkenalan dengan orang yang baru, namun ada perasaan ketakutan untuk mempermalukan diri sendiri yang begitu kuat dan mengontrol dirinya sehingga Ia benar-benar menghindari setiap situasi yang mungkin bisa memicu ketakutannya tersebut.

Fobia ini sering terjadi pertama kali pada masa anak-anak atau remaja, dan cenderung membaik seiring bertambahnya usia. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa fobia itu tetap ada seumur hidup sehingga benar-benar merugikan si penderitanya, karena seseorang yang mengalami fobia sosial akan memiliki hubungan sosial yang sangat terbatas.

Alasan terbesar bagi para penderita fobia sosial adalah ketakutan luar biasa akan dihakimi dan dipandang negatif oleh orang lain. Rasa takut ini yang kemudian membuatnya merasa tidak berdaya, terasingkan, kesepian dan bahkan menjadi depresi. Fobia sosial harus segera diatasi, karena bisa menganggu aktivitas sehari-hari. Di bawah ini ada beberapa tips untuk mengatasi fobia sosial bagi Anda yang merasakan memiliki gejala fobia sosial.

  1. Kenali penyebab yang membuat Anda takut dan cemas

Hal penting yang pertama untuk Anda lakukan adalah mencari tahu penyebab yang dapat memicu Anda menjadi takut dan cemas. Apakah Anda merasa takut ketika berbicara di ruangan tertutup empat mata atau hanya takut ketika berbicara di ruang terbuka yang penuh dengan banyak orang? Perlu diketahui bahwa setiap orang yang mengalami fobia sosial akan memiliki pemicu situasi sosial berbeda-beda yang bisa membuatnya takut dan cemas. Gejala yang mungkin juga ditimbulkan akan berbeda. Karena itu sudah menjadi hal penting untuk Anda mengenali dan mencari tahu situasi apa yang membuat Anda menjadi takut dan cemas agar Anda dapat dengan mudah mengatasi situasi tersebut.

  1. Berlatih untuk rileks

Ketika Anda merasa takut dan cemas, hal yang akan dirasakan adalah perasaan tidak nyaman dengan lingkungan disekitar dan keberadaan Anda. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya adalah berlatih untuk rileks dengan cara menarik napas perlahan. Sebenarnya, rasa cemas adalah hal yang wajar dan dialami oleh setiap orang. Menarik napas dan berlatih untuk rileks ini dilakukan untuk membuat Anda mudah mengatasi rasa cemas, karena biasanya ketika cemas napas akan lebih cepat daripada biasanya sehingga reaksi selanjutnya Anda akan merasa pusing dan kecemasan akan menjadi bertambah. Berlatih rileks dengan cara menarik napas akan membantu Anda sedikit mengatasi rasa cemas dalam hati.

  1. Ubahlah cara berpikir

Sejatinya ketakutan dan kecemasan yang dirasakan itu berasal dari pikiran Anda sendiri. Seringkali Anda sering berpikir bahwa keberadaan Anda tidak diinginkan dan Anda dipandang negatif oleh lingkungan sekitar hanya karena satu atau beberapa hal, padahal pikiran tersebut hanyalah ketakutan Anda yang timbul tanpa alasan. Hal yang dapat menolong Anda untuk mengatasi fobia sosial adalah dengan mengubah berpikir Anda terhadap lingkungan sekitar. Percayalah bahwa hal-hal yang Anda takuti adalah asumsi diri Anda semata. Cobalah fokus pada orang-orang di sekitar Anda, bukan pada pikiran Anda yang akan semakin membuat Anda takut untuk berinteraksi dengan orang lain.

  1. Belajar untuk tidak menghindar

Paksakan diri Anda untuk melakukan hal-hal yang Anda takuti dan cenderung selalu dihindari. Walaupun terasa sulit dan berat, ini perlu dilakukan karena menghindar bukanlah solusi dan hanya akan membuat Anda selalu terkunci pada rasa cemas dan takut. Karena itu, paksakan selalu diri Anda untuk menghadapi apa yang Anda takuti. Biasakanlah diri Anda untuk melakukan hal itu berulang kali. Karena semakin sering Anda menghadapi situasi tersebut, Anda akan semakin terbiasa dan membuat diri lebih percaya diri.

  1. Berlatih setiap hari agar terbiasa

Segala tips yang sudah diberikan di atas tidak akan memiliki efek apapun jika Anda tidak pernah berlatih. Mengatasi fobia sosial tidaklah mudah dan membutuhkan kerja keras serta tekad yang kuat untuk sembuh darinya. Karena itu, untuk benar-benar optimal mengatasi fobia sosial ini, Anda harus melakukan tips-tips di atas, membuat Anda terbiasa dan menjadikannya menjadi kebiasaan Anda. (SFK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here