Tips untuk Mengatasi Gangguan Kalazion pada Mata Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kalazion adalah suatu gangguan mata yang ditandai dengan munculnya benjolan kecil di kelopak mata. Kalazion terjadi karena adanya penyumbatan kelenjar meibom yang berfungsi untuk membentuk permukaan selaput air mata. Penyumbatan kelenjar meibom bisa disebabkan karena kotoran yang masuk ke mata.

Gangguan mata kalaziom tersebut lebih rentan dialami oleh anak- anak. Kalazion tersebut membuat walaupun dapat hilang dengan sendirinya namun seringkali membuat anak tidak nyaman karena dapat mengganggu pandangan.

Jika anak Anda terkena gangguan kalazion, tidak perlu khawatir. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gangguan kalazion tersebut, di antaranya adalah:

  • Kompres mata

Untuk mengurangi gangguan mata tersebut, bisa dilakukan dengan menggunakan handuk yang telah dibasahi dengan air hangat. Setelah itu gunakan handuk basah tersebut untuk mengompres mata. Lakukan pengompresan secara rutin sekitar 10-15 menit dan ulangi sebanyak 4 hingga 5 kali sehari.

Cuci dan bersihkan tangan Anda terlebih dahulu sebelum mengompres. Karena kalazion disebabkan oleh mata yang kotor, Anda harus memastikan tidak ada kotoran di tangan yang akan memperparah gangguan mata kalazion tersebut.

Anda juga harus memastikan handuk yang dipakai untuk mengompres bersih dan sudah dicuci. Kalazion membutuhkan waktu untuk mengempes. Walaupun lumayan mengganggu, namun jangan sekali- sekali memencet dan berusaha memecahkan benjolan tersebut.

  • Menghubungi dokter

Jika benjolan tersebut tidak segera hilang dalam waktu dua minggu atau bertambah parah, disarankan untuk segera menghubungi dokter. Jangan membiarkannya terlalu lama dan bertambah parah sehingga tidak terjadi infeksi. Karena mata sangat erat kaitannya dengan hidung dan mulut, maka jangan biarkan terjadi hal- hal yang tidak diinginkan karena kalazion tersebut.

Dokter akan menyarankan apa yang harus dilakukan dan diberikan kepada anak untuk mengurangi dan menghilangkan benjolan tersebut. Mungkin dokter akan memberikan salep atau tetes mata atau bisa juga diberikan obat antibiotik.

  • Jaga kebersihan rambut Anak

Kotoran yang terdapat di rambut bisa masuk ke mata dan menyebabkan terjadinya gangguan mata kalazion. Karena itu, Anda harus menjaga kebersihan rambut anak dengan shampoo secara rutin. Tidak membiarkan rambut atau poni si kecil menjulur ke rambut juga merupakan upaya untuk mengatasi sekaligus mencegah kalazion bertambah parah.

  • Ingatkan Anak untuk tidak mengucek mata

Tangan merupakan sarang kuman. Melalui tangan, kuman dapat berpindah ke mata. Apalagi anak- anak yang aktif bermain dan beraktifitas. Pastikan anak Anda untuk segera mencuci tangan dengan sabun dan mengingatkan anak untuk tidak mengucek dan mengusap mata agar kalazion tidak bertambah parah.

Demikian tadi adalah beberapa cara dan tips yang dapat dilakukan ketika anak mengalami gangguan mata kalazion. Semoga bermanfaat untuk Anda dan si kecil. (AYK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here