Tips untuk Mengatasi Jerawat pada Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Masa remaja adalah masa yang paling rentan terkena jerawat. Di masa pubertas ini, lonjakan hormon dalam tubuh bisa memicu timbulnya jerawat. Munculnya jerawat ini tidaklah berbahaya tapi pastinya cukup mengganggu penampilan dan menimbulkan rasa kurang percaya diri.

Jerawat bisa muncul karena beberapa faktor di antaranya adalah kulit yang berminyak yang bercampur dengan debu di wajah. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatasi jerawat:

  1. Jangan terlalu berlebihan di dalam menggunakan kosmetik

Remaja putri yang sedang mengalami pubertas tentunya ingin terlihat selalu cantik dan gaul. Mulai dari memakai baju dan sepatu yang mengikuti tren sampai menggunakan kosmetik.

Padahal sebetulnya remaja belum terlalu membutuhkan penggunakan kosmetik yang berlebihan karena penggunaan bedak yang terlalu tebal dan cream foundation dapat menyumbat pori- pori. Untuk mencegahnya, pilihlah bedak tabur atau bedak yang ringan agar kulit bisa bernafas.

  1. Jauhkan wajah dari rambut

Rambut yang kotor bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Jadi rajinlah membersihkan rambut. Setelah itu, jangan menempelkan rambut pada wajah, seperti poni misalnya karena bisa menimbulkan jerawat di dahi.

  1. Hindari menyentuh wajah dengan tangan

Tangan tentu saja banyak digunakan dalam aktifitas. Ada kalanya kita harus menyapu, mengepel atau melakukan hal lain dengan tangan. Tangan yang kotor dan kemudian menyentuh wajah atau jerawat malah bisa memperparah timbulnya jerawat.

  1. Tidur cukup

Tidur yang cukup adalah satu hal yang penting yang harus Anda lakukan untuk bisa beristirahat dari segala aktifitas Anda seharian. Lebih dari itu, tidur yang cukup bisa mencegah stress pada remaja. Jangan salah, bukan hanya debu dan kotoran yang bisa membuat timbulnya jerawat. Stres yang meningkatkan produksi minyak di wajah juga menjadi satu penyebabnya.

  1. Gunakan ramuan alami untuk mengurangi dampak jerawat

Lebih baik menggunakan ramuan sendiri daripada membelinya di pasaran. Selain hemat, ramuan yang dibuat dari bahan alami akan mengurangi risiko wajah terkena bahan kimia.

Anda bisa memanfaatkan lidah buaya atau lemon yang sudah dikenal lama mempunyai khasiat dalam mengurangi jerawat.

  1. Jangan memencet jerawat

Seringkali merasa gatal dan ingin memencet jerawat, namun hal itu yang justru membuat jerawat bertambah parah. Oleh karena itu hindarilah memencet jerawat.

  1. Minum air putih yang cukup

Air putih sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Selain baik bagi fungsi ginjal Anda, air putih juga bisa mencegah kulit terkena dehidrasi dan kulit kering. Lengkapi juga nutrisi Anda dengan sayuran hijau sebagai antioksidan dan buah- buahan sehat yang mengandung banyak vitamin. Jadi, wajah Anda sehat tubuh pun juga selalu fit.

Demikian tadi adalah cara untuk mengatasi jerawat pada remaja. Semoga bermanfaat bagi Anda.(AYK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here