Tips untuk Menghentikan Dengkuran saat Tidur

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Mendengkur adalah suara yang dikeluarkan oleh seseorang saat ia tertidur. Dengkuran biasanya adalah suara nafas kuat yang diakibatkan oleh getaran tenggorokan yang terjadi selama tidur. Dengkuran terjadi ketika aliran udara yang melalui hidung dan mulut terhambat atau tidak lancar.

Seseorang dapat mengeluarkan dengkuran karena tidurnya yang sangat lelap dan nyaman. Dan juga bisa jadi karena dia terlalu lelah akibat aktivitas sehari-hari yang terlalu padat sehingga mereka mendengkur.

Meskipun orang-orang berpendapat bahwa tidur mendengkur menandakan orang yang mendengkur tidurnya sangat nyaman, tetapi sebenarnya tidur dengan mendengkur itu berbahaya. Berbahaya karena dapat membuat orang henti nafas dimana dapat menjadi penyebab kematian. Oleh karena itu lebih baik hentikan orang yang tidur disebelah anda saat dia mendengkur.

Berikut tips untuk menghentikan dengkuran saat tidur:

  1. Cobalah untuk tidur dengan posisi menyamping

Tidur degan posisi terlentang akan mendukung anda semakin lama mendengkur karena saat mendengkur bagian tubuh anda menghalangi jalan nafas. Untuk mengatasinya anda dapat mengubah posisi tidur menjadi menyamping.

  1. Gunakan bola tenis

Teknik bola tenis untuk menghentikan dengkuran cukup mudah. Caranya yaitu dengan menempatkan bola tenis di punggung anda melalui piyama atau t-shirt anda sehingga ketika anda kembali ke posisi telentang, anda merasa tidak nyaman dan kembali ke posisi menyamping.

  1. Membuka penyumbat hidung anda

Saat hidung tersumbat menyebabkan anda bernafas dengan mulut saat tidur sehingga membuat anda mendengkur.

  1. Bersihkan bantal anda

Suara dengkuran yang dihasilkan saat anda tidur bisa saja disebabkan karena alergi yang tidak anda ketahui. Bisa saja zat alergen tersebut berasal dari bantal yang anda gunakan di tempat tidur. Oleh karena itu, cobalah untuk mengganti bantal anda dan pastikan bahwa anda mencuci sarung bantal secara teratur.

  1. Gunakan alat pelembab di kamar anda

Alat pelembab udara yang bisa anda gunakan dalam kamar adalah humidifire. Sebuah humidifier dapat meningkatkan kelembaban di dalam ruangan saat tidur. Hal tersebut akan melembutkan hidung dan tenggorokan serta lebih mudah bernapas, sehingga mengurangi kemungkinan untuk mendengkur.

Itulah tips-tips yang bisa anda gunakan saat anda tidur mendengkur. Jika anda tidak mendengkur, cara ini juga efektif untuk anda gunakan saat teman atau suami dan keluarga anda ada yang mendengkur. Mengingat mendengkur itu berbahaya maka mempelajari tips-tips di atas juga penting bagi anda karena suatu saat anda mungkin membutuhkannya. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here