Tips untuk Menghentikan Kebiasaan Menggigit Kuku pada Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Di usia anak-anak, banyak hal yang belum mereka pahami, seperti mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Disanalah peran penting orangtua untuk menuntun anak memberikan pengertian apa saja yang tidak boleh dilakukan olehnya. Salah satu kebiasaan buruk yang biasa dilakukan oleh anak-anak ialah menggigit kuku jari tangannya. Kebiasaan ini biasanya mereka lakukan jika sedang tidak mengerjakan apapun. Padahal, kuku yang mereka gigit belum tentu dalam keadaan bersih. Di dalam kuku yang mereka gigiti bisa saja terdapat banyak bakteri yang mengancam kesehatan mereka jika sampai masuk ke dalam mulut.

Nah, kali ini penulis akan memaparkan beberapa tips bagi Anda orangtua yang ingin menghentikan kebiasaan buruk anak Anda menggigit kuku. Yuk simak beberapa tips dibawah ini:

  • Memberinya kegiatan

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa anak akan menggigit kuku jika mereka tidak memiliki kegiatan apapun. Maka dari itu, berikan anak Anda kegiatan yang mereka senangi agar mereka lupa akan kebiasaan mereka mengigit kuku. Kegiatan ini bisa berupa permainan atau mengajarkan anak Anda hal-hal baru yang belum mereka pelajari sebelumnya. Namun, kegiatan yang Anda berikan harus membuat mereka nyaman dan terhibur agar mereka tidak bosan, sebab jika mereka merasa bosan, mereka bisa saja melanjutan kegiatan menggit kuku tersebut.

  • Memotong kuku anak

Agar anak tidak menggigit kukunya, pastikan Anda memotong kuku anak secara rutin. Jangan biarkan kuku mereka dlam keadaan panjang hingga mereka dapat mengigiti kukunya. Tidak hanya kuku di jari tangan yang memungkinkan anak Anda mengigit kuku. Anda juga harus menjaga panjang kuku jari kaki anak Anda. Hal ini untuk menghindari anak Anda mengalami luka jika kuku kaki mereka patah.

  • Memberikan pemahaman tentang kebiasaan menggigit kuku

Sebagai orangtua, penting bagi Anda memberikan pemahaman tentang kebiasaan menggigit kuku kepada anak. Berikan mereka pemahaman bahwa menggigit kuku adalah kebiasaan yang tidak baik. Selain berpenaruh pada kesehatan kuku, kebiasaan ini juga berpengaruh pada bakteri yang ada di kuku dan masuk ke mulut mereka. Disamping itu, kegiatan menggigit kuku juga menjadi kebiasaan yang tidak disukai oleh orang yang melihatnya.

  • Mengoleskan perasa ke kuku anak

Anda bisa mengoleskan rasa yang tidak disukai oleh anak di kuku mereka. Sebut saja jus labu atau garam. Secara otomatis, anak akan malas menggigit kuku jika kuku mereka memiliki rasa yang tidak mereka sukai. (IKS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here