Tips untuk Pria Agar Tetap Fit di Musim Hujan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ketika musim hujan tiba, pasti hari-hari anda akan sering diguyur hujan yang berlangsung cukup lama dan hal tersebut mengganggu anda dalam beraktivitas.

Datangnya musim hujan merupakan faktor risiko untuk munculnya penyakit. Beberapa penyakit mungkin akan meningkat kejadiannya ketika musim hujan. Seperti penyakit infeksi saluran nafas, influenza, diare, dan penyakit kulit yang bisa menyerang kapan saja. Sehingga saat musim hujan hendaknya anda menjaga kesehatan agar tetap sehat selama musim hujan.

Namun bagi kaum pria yang lebih sering melakukan aktivitas di luar dibandingkan wanita akan memiliki kekhawatiran yang lebih terhadap kondisi tubuhnya ketika hujan. Jika sampai sakit maka pria apalagi anda yang sudah berkeluarga akan kesulitan untuk bekerja memenuhi kebutuhan keluarga dan aktivitas-aktivitas lainnya.

Untuk para pria berikut beberapa tips agar anda tetap fit di musim hujan dan meminimalisir risiko terkena penyakit :

  1. Sedia payung sebelum hujan

Anda pasti tidak asing lagi dengan pepatah yang satu ini dan memang benar adanya. Cara yang paling efektif untuk menghadapi musim hujan adalah memakai perlengkapan pelindung dari hujan seperti payung dan jas hujan.

  1. Segera mandi setelah kehujanan

Penyakit dapat muncul ketika terjadi perubuhan suhu tubuh secara drastis. Mandi dengan segera akan menstabilkan suhu dingin yang terbawa oleh air hujan sekaligus membersihkan tubuh anda dari kuman dan kotoran. Saat anda mengeringkan badan, tubuh anda akan berangsur-angsur kembali ke suhu normal. Anda juga dapat menghangatkan tubuh dengan minum teh hangat setelah mandi.

  1. Olahraga rutin

Olahraga yang teratur akan berdampak baik untuk menjaga stamina tubuh anda. Saat hujan anda juga dapat berolahraga secara indoor, seperti sit up, push up atau skipping.

  1. Minum air yang cukup

Saat musim hujan kebiasaan minum air menurun karena anda tidak merasa haus. Padahal tubuh kita tetap memerlukan cairan setiap harinya. Begitu juga di musim hujan, dengan minum air yang cukup dapat membersihkan kuman melalui sistem saluran kencing sehingga mencegah infeksi saluran kencing.

  1. Istirahat yang cukup

Kurang tidur akan membuat stamina anda berkurang. Agar anda tetap fit dan dapat beraktivitas secara maksimal sebaiknya atur waktu aktivitas anda sehingga dapat beristirahat cukup.

  1. Mengatur pola makan

Jangan lupa tetap jaga pola makan anda. Cobalah makan teratur dan tepat waktu. Hindari makan di tempat yang kurang terjaga kebersihannya. Jika perlu penuhi juga kebutuhan vitamin dan mineral dari berbagai macam sayur dan buah-buahan atau tambah dengan pemberian multivitamin. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here