Tips untuk Pria Mudik Menggunakan Motor Sendiri

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menyambut datangnya hari raya idul fitri dengan berkumpul bersama seluruh sanak saudara merupakan momen yang selalu dirindukan oleh mereka yang hidup jauh dari keluarga. Penggunaan alat transportasi umum memang banyak diincar oleh para pemudik namun banyak juga yang lebih memilih menggunakan kendaraan roda dua. Sepeda motor menjadi salah satu pilihan alternatif bagi para pemudik di bulan suci ramadhan karena fleksibilitas dan waktu tempuh yang lebih cepat. Dalam kemacetan selama perjalanan kendaraan roda dua lebih leluasa untuk bermanufer karena kendaraannya yang lebih kecil dibanding mobil atau bus.

Tidak jarang beberapa pemudik yang berkendara seorang diri, sebenarnya ini membahayakan karena rawan menjadi korban pembegalan di malam hari dan tidak ada yang mengingatkan jika lengah dalam berkendara. Sebaiknya Anda tetap waspada terhadap kasus-kasus seperti ini.

Selain dari sisi kejahatan, mudik menggunakan motor juga beresiko terhadap kesehatan Anda. Jika menggunakan kendaraan umum Anda bisa leluasa beristirahat dan terhindar dari polusi udara. Mudik meggunakan motor membuat Anda terpapar matahari langsung, polusi udara yang kotor dan fisik lebih cepat terkuras.

Demi menjaga kesehatan Anda selama perjalanan perlu lakukan beberapa tips ini:

  •  Persiapkan fisik

Jarak tempuh perjalanan yang jauh menuntut Anda mempunyai tenaga prima selama perjalanan. Usahakan berolahraga secara rutin untuk menjaga kebugaran tubuh Anda. Jangan biarkan perut kosong sebelum melakukan perjalanan.

  • Bawalah bekal dan obat-obatan

Terpaan angin selama perjalanan beresiko membuat tubuh Anda mudah mengalami masuk angin. Polusi dan kondisi selama perjalanan tidak menentu juga berpeluang Anda mengalami mudah lelah dan pusing. Bawalah bekal yang tahan lama dan bergizi, ini berguna jika Anda terjebak kemacetan dan sulit mendapatkan bahan makanan.

  • Tidak memaksakan perjalanan jika mengantuk

Carilah rest area sepanjang perjalanan Anda jika merasa lelah, jangan sekali-kali memaksakan diri untuk meneruskan perjalanan jika mengantuk. Hal ini beresiko terjadinya kecelakaan.

  • Gunakan masker dan helm standar nasional

Masker melindungi Anda dari berbagai polutan di udara. Kesehatan paru-paru Anda juga terjaga karena udara kotor tidak langsung masuk ke dalam tubuh Anda. Gunakan helm sesuai standar yang ditentukan, ini berguna melindungi kepala Anda jika terjadi benturan dan mata dari kemasukan debu jalan.

Pastikan seluruh kondisi kendaraan Anda dalam kondisi baik dan aman. Sebaiknya tidak membawa barang bawaan berlebih demi kenyamanan dan keseimbangan Anda dalam berkendara. Yang paling penting dari semuanya adalah jangan lupa untuk berdoa sebelum melakukan perjalanan pulang. Keluarga Anda menunggu di rumah maka berkendaralah sesuai aturan lalu lintas yang ada.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY