Tips untuk Pria Tetap Bertenaga saat Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Seseorang yang menjalankan puasa harus mengekang diri dari tuntutan biologis yang dapat membatalkan puasa. Meski demikian kegiatan sehari-hari tetap terus berjalan. Banyak kiat yang bisa dicoba agar Anda tetap aktif dan bugar saat puasa.

Meski seharian penuh menahan lapar dan haus, aktifitas harus tetap berjalan. Perubahan pola tidur karena sahur, juga perubahan pola makan, membuat kita merasa lemas dan ngantuk di siang hari. Ditambah perubahan cuaca yang drastis membuat semangat kerja menurun. Berikut ini beberapa cara agar Anda tetap bertenaga saat puasa :

  1. Penuhi kebutuhan air minum. Kekuarangan air dapat menyebabkan dehidrasi dan bibir kering, sehingga Anda harus pintar mengatur waktu minum. Dua gelas saat berbuka, 4 gelas di malam hari dan 2 gelas saat sahur jika diakumulasikan dapat mencegah tubuh Anda lemas di siang hari.
  2. Ganti nasi putih dengan nasi merah. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti beras merah dan ubi diproses lebih lambat menjadi glukosa, sehingga tubuh dapat menyimpan energi lebih lama. Selain mencegah tubuh lemas, nasi merah juga dapat dijadikan menu diet bagi penderita diabetes.
  3. Jaga kondisi tubuh dengan antioksidan. Ketika berpuasa asupan makanan berkurang sedangkan tenaga yang dikeluarkan sama seperti bulan-bulan sebelumnya. Untuk itu menjaga kondisi tubuh adalah syarat utama yang harus dipenuhi. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan E dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.
  4. Minum suplemen penambah energi. Ginseng memberi pengaruh positif terhadap sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan resistensi tubuh terhadap stress dan kelelahan. Penggunaan ginseng 350 mg sehari mampu meningkatkan kinerja psikomotorik tubuh.
  5. Olahraga. Kamu juga tidak perlu takut berolahraga meskipun sedang berpuasa. Karena olah raga saat sedang berpuasa tetap bisa membuat tubuhmu fit dan bugar. Banyak orang yang beranggapan berolahraga saat puasa akan membuat tubuh mengalami dehidras, sedianya itu tidaklah masalah yang terpenting olahraga yang anda lakukan tidak terlalu berat atau berlebihan. Olah raga ringan seperti joging ringan, senam dan bersepeda sambil ngabuburit tetap akan membuat tubuhmu segar.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY