Tips Wanita Pekerja Tetap Bugar Selama Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Saat bulan puasa, waktu kerja mungkin lebih sedikit daripada bulan-bulan lainnya. Liburan Idul Fitri yang lebih panjang makin mempersingkat waktu kerja Anda. Akibatnya, bisa jadi beban kerja menjadi meningkat, namun pekerjaan harus diselesaikan dengan lebih cepat dan singkat. Stamina dan konsentrasi prima pun dibutuhkan agar aktivitas serta puasa tetap berjalan beriringan.

Bagi wanita karier, perhatikan hal-hal ini agar stamina tetap prima saat berpuasa:

  • Makan sahur yang cukup

Lapar dan dahaga menurunkan konsentrasi. Namun, namanya ibadah puasa, lapar dan haus hal yang wajar. Agar lapar dan haus tak datang terlalu pagi, Anda harus membekali diri dengan makan sahur yang cukup. Sahurlah dengan makanan sehat yang dilengkapi sayur dan buah serta air minum yang cukup di waktu akhir sahur. Boleh juga dengan tambahan suplemen vitamin untuk menjaga stamina tubuh agar tetap fit selama bekerja.

  • Jauhi gangguan

Dering ponsel, suara aplikasi chatting, atau notifikasi media sosial ampuh membuyarkan konsentrasi. Ketika sedang konsentrasi pada pekerjaan, matikan dering ponsel atau minimal jauhkan ponsel Anda agar tak mudah terganggu dengan suara-suara notifikasi dari ponsel. Saat menggunakan internet di komputer, tahan keinginan untuk membuka akun media sosial Anda.

  • Tidur siang

Mengantuk saat puasa juga faktor menurunnya konsentrasi saat bekerja yang sulit dihindari. Sementara itu, rangkaian ibadah malam di bulan puasa mau tak mau mengurangi waktu tidur malam Anda. Untuk mengatasinya, jangan ragu mengambil sedikit waktu untuk tidur siang. Hitung-hitung mengganti saat istirahat makan siang. Manfaatkan waktu Anda untuk memejamkan mata dan membuat tubuh rilaks. Asalkan berkualitas, 15 menit tidur siang sudah cukup membuat mata Anda segar kembali.

  • Hirup oksigen

Kurangnya asupan oksigen di otak menyebabkan kantuk dan berkurangnya konsentrasi. Ketika mata dan kepala mulai sulit bekerja sama, cobalah menarik napas dalam-dalam. Berjalan-jalan sebentar ke luar ruangan, cari udara segar dari ruang terbuka. Lalu, hiruplah nafas panjang agar tubuh segar kembali.

  • Olahraga

Jangan salah, rutinitas berolah raga sebaiknya tetap Anda lakukan pada saat berpuasa karena manfaatnya yang penting bagi tubuh, yaitu membantu tubuh tetap fit, menjaga fungsi-fungsi sistem tubuh tetap optimal serta mempertahankan laju metabolisme tubuh. Namun, penting diingat, saat berpuasa Anda dapat mengalami dehidrasi. Jadi, lakukan olahraga ringan sudah lebih dari cukup.

Intinya, puasa jangan dijadikan sebagai alasan terhambatnya aktivitas sehari-hari. Jika asupan makanan dan minuman yang Anda konsumsi sehat serta dibarengi dengan aktivitas fisik, maka stamina Anda selama bulan puasa akan tetap terjaga. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here