Toksoplasma pada Ibu Hamil? Pelajari Penyebabnya!

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kehadiran buah hati merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh Ardi dan Mirna. Semua kebutuhan gizi dan perlengkapan untuk kehadiran si baby dipenuhi oleh pasangan ini. Namun, hal yang mengagetkan terjadi. Dokter memberi diagnosa bahwa Mirna yang sedang hamil terkena toksoplasma, hal itu sangat membuat pasangan ini terkejut. Bagaimana bisa Mirna terkena toksoplasma, padahal semua kebutuhan gizinya sudah tercukupi? Apa penyebabnya?

  1. Mengkonsumsi Daging yang Belum Matang

Mirna suka sekali dengan beberapa makanan yang belum terlalu matang, karena dipercaya memiliki kandungan yang lebih sehat. Ternyata daging yang tidak dimasak dengan kematangan sempurna dapat terinfeksi toksoplasma. Untuk sementara hindarilah beberapa makanan seperti sushi, sate, telur mata sapi dan makanan lainnya. Apabila sangat ingin memakan makana tersebut, maka mintalah agar dimasak benar-benar matang.

  1. Tidak Menjaga Kebersihan Hewan

Toksoplasma identik dengan kucing, padahal bukan hanya kucing. Tetapi juga kelinci, bebek, ayam, anjing dan babi serta hewan lainnya pun dapat terinfeksi toksoplasma. Virus ini berkembang biak di usus halus yang menghasilkan ookista yang keluar bersama kotoran. Setelah ookista menetas, mereka akan hidup didalam otot manusia dan hewan yang dapat terinfeksi toksoplasma.

  1. Tidak Pakai Sarung Tangan saat Berkebun

Berkebun memang kegiatan yang sangat menyenangkan, melihat tumbuhan hijau beraneka ragam yang tumbuh memang sangat memanjakan mata. Tapi hati-hati karena toksoplasma juga dapat hidup didalam tanah hingga 18 bulan. Dari sinilah toksoplasma menyebar ke hewan dan tumbuhan yang terdapat ookista. Jangan lupa untuk mencuci tangan dan peralatan kebun setelah selesai berkebun.

  1. Memakan Sayur yang Masih Mentah

Mirna suka sekali makan lalapan selama hamil, ternyata mencuci sayuran hinga bersih saja tidak cukup untuk mengusir ookista yang kemungkinan besar masih menempel pada lipatan-lipatan sayuran. Jika tidak ingin direbus, rendam sayur sebentar dalam air hangat. Hal ini dapat mengurangi  kemungkinan ookista yang masih menempel pada lipatan sayur tersebut.

  1. Menggunakan Peralatan yang Terkontaminasi Toksoplasma

Ternyata gunting rumput, pisau, talenan bekas daging  serta peralatan lain yang terinfeksi toksoplasma juga bisa menjadi penyebab terjangkitnya toksoplasma. Selalu cuci bersih peralatan setelah dipakai. Dapat juga rendam atau cuci dengan air hangat secara berkala.

  1. Kurang Rutin Memeriksa Kesehatan

Ikutilah tes laboratorium pada trimester kehamilan untuk mendekteksi penyakit toksoplasma pada kandungan. Hal ini berfungsi agar penanganan bisa dilakukan sejak usia kandungan masih dini karena beberapa penyebab toksoplasma merusak janin akibat penanganannya yang terlambat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY