Torsio Testis Salah Satu Pemicu Kemandulan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pria memiliki dua buah testis (buah zakar) yang terbungkus oleh skrotum. Pada testis juga terdapat korda spermatika, yaitu selaput yang membawa darah ke testis. Namun, ketika selaput ini berkembang tidak normal, atau testis mengalami cedera, korda spermatika bisa terpuntir dan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa bahkan disertai mual dan muntah. ┬áKondisi inilah yang dinamakan testis terpuntir atau secara medis disebut torsio testis. Jika Anda mengalaminya, maka diperlukan penanganan medis darurat.

Dalam beberapa kasus, testis yang terpuntir dapat normal kembali dengan sendirinya. Namun, bisa terulang lagi. Bagaimanapun, segera periksakan ke dokter jika testis tiba-tiba terasa sakit. Pasalnya, ketika terjadi torsio testis, maka aliran darah ke testis bisa terhambat. Jika dibiarkan, bisa terjadi kerusakan testis yang sangat parah dalam waktu yang singkat.

Jika dalam beberap jam torsio testis tidak segera ditangani, hambatan aliran darah dapat menyebabkan kerusakan yang sifatnya permanen pada testis. Bahkan, jka hambatan aliran darah berlangsung lebih dari 6 jam, jaringan testis bisa mati. Jika ini terjadi, jaringan testis mungkin perlu diangkat melalui prosedur operasi. Pada kasus torsio testis berulang, operasi juga kerap dianjurkan agar kondisi tidak terjadi lagi guna meminimalisir kerusakan jaringan yang lebih parah.

Selain itu, torsio testis juga dapat membuat pria sulit memiliki keturunan. Ini karena testis berperan dalam produksi sperma dan hormon seks, seperti testosteron. Namun, hormon hipofisis yang mengatur testis akan meningkat dan merangsang jaringan sehat yang tersisa pada testis guna membuat lebih banyak sperma dan testosteron sehingga kadarnya kembali normal.

Akan tetapi, sejumlah pria dilaporkan memiliki kadar sperma di bawah normal setelah menderita torsio testis. Hal ini mungkin terjadi karena jaringan testis yang rusak sangat parah. Di sisi lain, ada teori yang menyebutkan bahwa jaringan testis yang rusak terkadang pecah dan melepaskan sperma ke dalam aliran darah sehingga sel-sel kekebalan dalam darah bisa membuat antibodi anti-sperma. Hal ini memicu respon sistem daya tahan tubuh yang abnormal sehingga membuat beberapa pria yang pernah mengalami torsio testis memiliki masalah kesuburan.

Setelah mengetahui bahaya dari torsio testis, maka testis sudah seharusnya dijaga dengan sebaik-baiknya. Testis ini bisa dibilang aset berharga pria. Menghindarkan testis dari apa yang bisa membuatnya cedera perlu menjadi perhatian setiap pria.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY