Tradisi Lebaran di Berbagai Negara Lain

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ramadhan sebentar lagi akan berakhir. Kini saatnya anda untuk bersiap menyambut hari kemenangan yaitu hari raya idul fitri atau yang biasa kita sebut juga dengan lebaran. Untuk hari lebaran di masing-masing daerah memiliki tradisi yang berbeda-beda.

Ada daerah yang memiliki tradisi sungkeman dengan keluarga dan bahkan ada tradisi makanan yang identik ada di hari raya yaitu opor ayam dan ketupat serta tradisi lainnya lagi. Mengingat budaya di Indonesia sangat beragam maka begitu juga dengan tradisi di hari raya.

Untuk tradisi di Indonesia sebagian dari anda pasti sudah banyak yang mengetahuinya. Lalu bagaimana dengan tradisi lebaran di negara lain? Bebeda atau sama dengan Indonesia kira-kira. Agar anda mengetahuinya. Berikut beberapa tradisi lebaran di berbagai negara:

  1. Australia

Meskipun Australia bukanlah negara muslim. Namun sebagai negara sekuler yang membebaskan warga negara dalam memilih agama, saat lebaran beberapa perusahaan memberikan toleransi kepada karyawan yang muslim untuk mendapat libur, bahkan ada yang mempersilahkan jika umat muslim ingin menggunakan sebuah tempat untuk melaksanakan shalat ied.

  1. Arab Saudi

Arab saudi memiliki perayaan saat lebaran seperti pagelaran teater, membaca puisi, parade dan pertunjukan musik. Untuk makanan tradisi biasanya Arab Saudi mempunyai hidangan masakan daging domba yang dicampur dengan nasi serta sayuran tradisional.

  1. China

Seperti pada beberapa daerah di Indonesia, di China mereka juga Mengunjungi makam leluhur, membersihkan dan mempersembahkan doa saat lebaran. Tradisi doa tersebut dilakukan khususnya untuk menghormati ratusan ribu muslim yang tewas selama Dinasti Qing dan selama Revolusi Kebudayaan. Di China ada pakaian khusus saat lebaran, untuk pria mengenakan jas khas dan kopiah putih, sementara wanita memakai baju hangat dan kerudung setengah tutup. Seusai salat Ied, umat muslim makan-makan dan bersilaturahmi.

  1. Turki

Di Turki mereka memiliki sebutan hari raya idul fitri dengan Festival Gula atau Seker Bayram karena ketika lebaran mereka saling berbagai manisan. Disana juga ada tradisi sungkeman seperti di Indonesia.

  1. Malaysia

Tradisi di Malaysia hampir sama dengan Indonesia karena letak negaranya yang dekat jadi budayanya hampir sama. Sebagai hidangan khas, masyarakat Malaysia makan ketupat, lemang, lontong, dan rendang. Setelah shalat Id, mereka berziarah ke makam kerabat.

  1. Suriname

Di suriname tradisi lebarannya cukup unik karena penetapan hari Lebaran dilakukan berdasarkan perhitungan mereka sendiri dengan menggunakan prajangka atau perhitungan ala primbon Jawa peninggalan nenek moyang sejak ratusan tahun lalu. (DKA)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here