Tren Operasi Payudara pada Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Operasi payudara pada pria sangat menjadi tren dikalangan pria pada saat ini, secara anatomi pria juga memiliki payudara. Hanya saja jaringan lemak dan ikat di dalamnya tidak tumbuh sebesar perempuan. Pada perempuan melakukan operasi plastik untuk memperbesar payudara, lain halnya dengan pria.

Kini justru ada banyak pria yang melakukan operasi pengecilan payudara. Angka tindak pengecilan payudara pada pria melonjak cukup signifikan yaitu mencapai 30% dalam lima tahun terakhir. Payudara pada seorang pria dan wanita sangatlah berbeda, yang membedakan payudara perempuan dengan payudara pria adalah saluran ASI yang ada di dalamnya. Saat hamil, ukuran payudara perempuan akan membesar akibat melonjaknya hormon estrogen dan progesteron.

Salah satu tren operasi plastik yang kini makin marak dilakukan pria adalah pengecilan payudara. Operasi pengecilan payudara umumnya dilakukan pada pria dengan ginekomastia, yakni kelainan genetik yang membuat payudara pria tampak besar. Agar terlihat seperti lelaki sejati, pria dengan ginekomastia pun memilih jalan operasi untuk mengecilkannya.

Bukan hanya wanita yang bisa melakukan operasi payudara, pria pun ternyata bisa melakukannya. Pria yang melakukan operasi payudara umumnya disebabkan oleh ginekomastia. Ginekomastia adalah pertumbuhan payudara abnormal. Ginekomastia adalah sebuah kondisi yang diakibatkan oleh kelainan hormon estrogen dan testosteron yang menyebabkan pertumbuhan jaringan payudara secara berlebihan.

Sebenarnya ini bukan penyakit melainkan masalah estetika saja. Pembesaran payudara pada pria memang sulit dihilangkan hanya dengan olahraga. Untuk itu, tindakan operasi pengecilan payudara pria dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Jika terjadi pembesaran kelenjar lemak, umumnya dokter hanya akan melakukan liposuction (sedot lemak).

Tindakan ini dilakukan dengan menyedot jaringan melalui pipa kecil yang dimasukkan lewat sayatan berukuran 3-4 milimeter. Jika kelebihan jaringan glandular itu disebabkan karena pembesaran payudara, diperlukan pemotongan dengan pisau bedah. Tindakan ini menyebabkan adanya parut, biasanya di sekitar area puting.

Pemotongan bisa dilakukan tersendiri atau dikombinasikan dengan liposuction. Secara umum operasi pengecilan payudara pada pria memakan waktu 90 menit dengan bius total. Tidak semua pembesaran payudara pada pria disebabkan oleh kegemukan, tetapi juga dipicu oleh ketidakseimbangan hormon.

Penggunaan obat-obatan seperti antidepresan, jantung, dan obat liver juga bisa memicu pembesaran payudara. Sebagian pakar juga menyebutkan penggunaan steroid anabolic bisa memicu pembesaran jaringan payudara. Sementara itu, para ahli lingkungan mengatakan saat ini terjadi peningkatan hormon wanita.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here