Trikomoniasis

Definisi
Trikomoniasis adalah infeksi menular seksual yang disebabkan oleh parasit. Pada wanita, trikomoniasis dapat menimbulkan keputihan dengan aroma yang tidak menyenangkan, gatal pada alat kelamin dan nyeri saat buang air kecil. Pria yang terjangit trikomoniasis biasanya tidak memiliki gejala. Wanita hamil yang mengalami trikomoniasis mungkin berisiko lebih tinggi melahirkan bayi dalam keadaan prematur.

Untuk mencegah infeksi berulang dengan organisme yang menyebabkan trikomoniasis, kedua pasangan harus menjalani pengobatan. Pengobatan yang paling umum untuk trikomoniasis yaitu dengan mengonsumsi metronidazol (Tindamax). Anda dapat mengurangi risiko infeksi dengan menggunakan kondom dengan benar setiap kali berhubungan seks.

Gejala
Banyak wanita dan pria dengan trikomoniasis tidak menunjukkan gejala, setidaknya tidak pada tahap awal perkembangan penyakit. Tanda dan gejala trikomoniasis pada wanita, yaitu:
• Keputihan berlebihan dan seringkali berbau tak sedap – bisa berwarma putih, abu-abu, kuning atau hijau
• Kemerahan, rasa terbakar, dan gatal-gatal pada alat genital
• Nyeri saat buang air kecil atau berhubungan seksual

Trikomoniasis jarang menimbulkan gejala pada pria. Namun, jika ada, tanda dan gejalanya bisa berupa:
• Iritasi dalam penis
• Membakar dengan buang air kecil atau setelah ejakulasi
• Penis mengeluarkan cairan

Kapan harus ke dokter
Temui dokter jika vagina Anda mengluarkan bau tidak sedap atau jika Anda merasakan nyeri saat buang air kecil atau melakukan hubungan seksual.

Penyebab
Trichomoniasis disebabkan oleh protozoa bersel satu, jenis parasit kecil yang berpindah dari orang ke orang selama hubungan seksual. Masa inkubasi antara paparan dan infeksi tidak diketahui, namun diduga berkisar antara lima sampai 28 hari.

Faktor Risiko
Faktor risiko trikomoniasis, antara lain:
• Berhubungan seksual dengan beberapa orang
• Memiliki riwayat infeksi virus menular seksual lainnya
• Pernah mengalami episode trikomoniasis sebelumnya
• Berhubungan seks tanpa kondom

Komplikasi
Wanita hamil yang memiliki trikomoniasis dapat:
• Lebih berisiko melahirkan bayi dengan kondisi prematur
• Memiliki bayi dengan berat badan lahir rendah
• Menularkan infeksi pada bayi

Mereka yang mengidap trikomoniasis juga lebih rentan untuk terinfeksi HIV, virus yang menyebabkan AIDS.
Persiapan Sebelum ke Dokter
Dokter keluarga, dokter kandungan atau dokter bagian UGD bisa mendiagnosa dan memberikan resep pengobatan untuk trikomoniasis.

Apa yang dapat Anda lakukan
Sebelum berkonsultasi, tuliskan informasi berikut untuk dokter Anda.
• Penjelasan rinci tentang gejala Anda, termasuk kapan gejala tersebut mulai muncul
• Infeksi menular seksual yang Anda miliki sebelumnya
• Jumlah pasangan seksual Anda selama beberapa tahun terakhir

Apa yang bisa Anda harapkan dari dokter
Bagi wanita, dokter akan melakukan pemeriksaan panggul dan mengambil sampel cairan vagina untuk uji laboratorium.

Tes dan Diagnosis
Diagnosis trikomoniasis dapat dikonfirmasi dengan memeriksa sampel cairan vagina untuk wanita atau urin untuk laki-laki di bawah mikroskop. Pertumbuhan kultur biasanya digunakan sebagai cara untuk mendiagnosis trikomoniasis, tetapi tes terkini yang lebih cepat seperti tes antigen dan amplifikasi asam nukleat lebih umum digunakan dewasa ini.

Perawatan dan Obat-obatan
Pengobatan yang paling umum untuk trikomoniasis, bahkan untuk wanita hamil, adalah dengan mengkonsumsi metronidazole (Flagyl) atau tinidazole (Tindamax) dalam dosis tinggi. Anda dan pasangan Anda membutuhkan pengobatan. Dan Anda perlu menghindari hubungan seksual sampai infeksi benar-benar sembuh, biasanya memakan waktu sekitar satu minggu.

Jangan minum alkohol selama 24 jam setelah mengkonsumsi metronidazole atau 72 jam setelah menelan tinidazole, karena dapat menyebabkan mual dan muntah.

Pencegahan
Seperti halnya infeksi menular seksual lainnya, satu-satunya cara untuk mencegah trikomoniasis adalah dengan berhenti berhubungan seksual sementara. Untuk menurunkan risiko Anda, gunakan kondom dengan benar setiap kali berhubungan seks.